KPU Kalteng belum pastikan cagub petahana ikut debat pilkada

id KPU Kalteng,Debat publik,Pilkada Kalteng,Pilkada Serentak,KPU Kalteng belum pastikan cagub petahana ikuti debat pilkada,Pilgub Kalteng,Harmain Ibrohim

KPU Kalteng belum pastikan cagub petahana ikut debat pilkada

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim. (ANTARA/Rendhik Andika)

Belum ada informasi ke kita sampai saat ini...
Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah Harmain Ibrohim mengatakan pihaknya belum memastikan calon gubernur petahana dapat mengikuti debat publik ketiga Pilgub Kalteng 2020.

"Belum ada informasi ke kita sampai saat ini. Jadi setiap mengikuti debat ada ketentuan harus bebas dari COVID-19. Kita belum menerima surat yang menyatakan beliau telah sembuh," kata Harmain di Palangka Raya, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan Harmain saat dikonfirmasi terkait keikutsertaan petahana, Sugianto Sabran pada debat publik ketiga usai calon gubernur nomor urut 2 itu dinyatakan positif COVID-19.

"Sampai sore hari ini belum ada surat resmi yang masuk ke kita tentang kehadiran calon tersebut," kata Harmain.

Baca juga: KPU belum terima informasi resmi Cagub Sugianto terpapar COVID-19

Agar dapat mengikuti debat publik, yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 harus menyampaikan surat ke KPU disertakan surat yang menyatakan telah bebas atau negatif COVID-19.

"Yang penting ada pemberitahuan dan ada surat pemberitahuan dari yang berwenang sudah negatif COVID-19. Besok kita ada gladi pukul 10.00 WIB. Kita akan konfirmasi lagi ke yang bersangkutan atau timnya saat itu," kata Harmain.

Meski demikian, lanjut Harmain, secara umum debat publik Pilkada Kalteng putaran terakhir siap dilaksanakan dengan tata cara yang serupa dengan dua putaran debat publik sebelumnya.

"Tidak ada perubahan bahwa debat dilaksanakan terbatas, terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Kadinkes Kalteng : Tak ada rekayasa terkait hasil positif COVID-19 salah satu cagub

Debat terakhir itu sendiri akan dilaksanakan pada Rabu, 2 Desember pukul 19.30-21.30 WIB yang disiarkan langsung di TVRI Kalteng dan RRI Palangka Raya serta di YouTube dan Facebook KPU Kalteng.

Sebelumnya pada debat publik ke-2 Pilkada Kalteng yang dilaksanakan di Jakarta, pada 19 November, Sugianto Sabran tidak dapat mengikuti pergelaran itu karena dinyatakan positif COVID-19.

Dampaknya, pasangannya Edy Pratowo selaku Calon Wakil Gubernur Kalteng nomor urut dua harus mengikuti debat sendiri saat berhadapan dengan pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar selaku pasangan calon dari nomor urut 1.

Baca juga: Cagub Sugianto terpapar COVID-19, satgas lakukan pelacakan kontak erat

Sementara itu dalam unggahan video singkat yang telah ramai beredar di media sosial sekitar pertengahan November, Calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan, dirinya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

"Saya baru saja mendapatkan kabar terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau "swab test"," katanya melalui unggahan video singkat tersebut.

Meski dinyatakan terpapar virus tersebut, Sugianto mengaku dalam keadaan baik dan tidak merasakan gejala apapun. Dia pun menyatakan tengah melakukan isolasi mandiri sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

Baca juga: Tetap dilaksanakan, debat cagub Kalteng kedua diikuti tiga orang

Baca juga: Cagub Sugianto terpapar COVID-19, Satgas di Kotim tingkatkan pemantauan

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar