Pelaku UMKM yakin HARATI mampu tingkatkan ekonomi kerakyatan

id Pelaku UMKM yakin HARATI mampu tingkatkan ekonomi kerakyatan, Sampit, Kotim, Halikinnor, Halikinnor-irawati, pilkada Kotim 892 Views

Pelaku UMKM yakin HARATI mampu tingkatkan ekonomi kerakyatan

Halikinnor membantu mempromosikan keripik kanas gantang karya pelaku UMKM, Rahmat Noor dan rekan-rekannya. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Sampit (ANTARA) - Munculnya pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor dan Irawati dengan visi dan misinya yang dinilai strategis, membawa angin segar bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan.

"Melihat kepedulian dan perhatian Pak Halikinnor dan Bu Irawati terhadap pelaku UMKM selama ini, saya tidak ragu terhadap komitmen mereka membantu kami. Saya yakin ekonomi kerakyatan akan pulih dan maju," kata Rahmat Noor, seorang pelaku UMKM di Sampit, Rabu.

Menurut pria akrab disapa Rahmat Kotim ini, Halikinnor semasa menjabat Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur dan Irawati semasa menjabat anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah serta berbagai organisasi sosial yang diikutinya, sudah menunjukkan keberpihakan terhadap ekonomi kerakyatan.

Halikinnor selalu mendukung berbagai upaya yang dilakukan untuk pembinaan dan pengembangan UMKM Kotawaringin Timur. Jika dipercaya menjadi bupati, Rahmat yakin Halikinnor akan lebih memperhatikan nasib pelaku UMKM dan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Seperti saat Rahmat dan rekan-rekannya gencar mengembangkan produk olahan nanas atau kanas gantang, yakni nanas khas yang banyak dibudidayakan petani di sekitar Bandara Haji Asan Sampit Kelurahan Baamang Hulu Kecamatan Baamang, dukungan juga diberikan Halikinnor dan Irawati.

Begitu juga saat Rahmat dan kawan-kawan mengusulkan dibuat tempat agrowisata Kanas Gantang, Halikinnor juga menyampaikan dukungannya dan siap mengupayakannya.

Menurut Rahmat, kanas gantang layak terus dipromosikan karena memiliki banyak kelebihan. Nanas ini mempunyai ciri khas ukurannya yang besar, manis dan banyak air sehingga segar untuk disantap.

Tahun 2014 lalu Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur telah mencatatkan rekor MURI terkait makan nanas gantang terbanyak. Tahun 2018, kanas gantang resmi dipatenkan setelah dikukuhkan oleh Kementerian Pertanian.

Baca juga: HARATI optimistis Kotim mampu wujudkan 'petani berdasi'

Lomba membuat makanan dan minuman berbahan dasar kanas gantang juga sering digelar. Ini sejalan dengan semangat pelaku UMKM setempat yang memproduksi beragam produk olahan berbahan kanas gantang seperti keripik, selai, minuman segar dan lainnya.

"Pelaku UMKM saja diperhatikan beliau, tentu begitu pula sektor lainnya. Saya yakin ekonomi kerakyatan akan semakin maju jika Pak Halikinnor terpilih," kata Rahmat.

Sementara itu Halikinnor dan Irawati menegaskan komitmennya untuk meningkatkan dukungan terhadap sektor UMKM atau ekonomi kerakyatan. Sektor ini akan menjadi perhatian serius karena bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Halikinnor menilai produk UMKM lokal Kotawaringin Timur tidak kalah bersaing kualitas dengan produk dari luar daerah, hanya kemasannya yang perlu diperhatikan agar lebih menarik. Selebihnya, inovasi dan kreativitas sangat dibutuhkan untuk menyesuaikan selera pasar yang terus berkembang.

"Pembinaan UMKM akan terus kita tingkatkan. Bantuan stimulan pusat dan daerah juga ditingkatkan untuk membantu permodalan. Selain itu kita akan bantu pemasaran secara konvensional maupun online supaya UMKM kita terus berkembang dan pelaku UMKM sejahtera," demikian Halikinnor.

Baca juga: HARATI siapkan ini untuk memajukan kebudayaan dan pariwisata Kotim

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar