Cagub petahana kembali absen debat publik terakhir Pilkada Kalteng 2020

id Sugianto Sabran,Sugianto Sabran positif COVID,Cagub petahana kembali absen debat publik terakhir Pilkada Kalteng 2020,debat publik Pilkada Kalteng,KPU

Cagub petahana kembali absen debat publik terakhir Pilkada Kalteng 2020

Tangkapan layar debat publik Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah di Palangka Raya, Rabu (2/12/2020) malam. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Calon Gubernur Kalimantan Tengah nomor urut 2 Sugianto Sabran yang juga petahana kembali tidak mengikuti debat publik ke-3 karena masih dinyatakan positif COVID-19.

"Didasarkan surat resmi dari tim pasangan calon nomor urut 2 yang dilampiri surat dari RSUD dr Doris Sylvanus tentang laporan hasil lab sampel COVID-19 calon gubernur pasangan nomor urut 2 tidak dapat hadir karena hasil dari sampel tersebut masih dinyatakan positif," kata Ketua KPU Provinsi Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim di Palangka Raya, Rabu malam.

Pernyataan itu diungkapkan Harmain saat membuka debat publik terakhir Pilkada Kalteng yang digelar terbatas namun terbuka untuk umum dan disiarkan melalui saluran TVRI Kalteng, RRI Palangka Raya serta YouTube dan Facebook resmi KPU Kalteng.

"Sebagaimana ketentuan kita sama-sama dalam penerapan protokol COVID-19 yang hadir dalam kesempatan ini harus bebas COVID-19 yang dibuktikan dengan surat hasil rapid tes," kata Harmain.

Baca juga: KPU Kalteng belum pastikan cagub petahana ikut debat pilkada

Selain itu, tambahnya, juga didasarkan Peraturan KPU RI nomor 11 tahun 2020 tentang kampanye pasal 22 ayat 4 yang menyatakan pasangan calon yang tidak mengikuti debat publik atau debat terbuka karena alasan kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf b dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Kondisi tersebut berdampak pada pelaksanaan debat publik ketiga Pilkada Kalteng bertema Reformasi Birokrasi dan Penegakan Hukum serta Kualitas Layanan Publik Kalteng hanya diikuti tiga orang yakni pasangan nomor urut 1 (Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar) dan Edy Pratowo yang merupakan calon wakil gubernur dari pasangan calon nomor urut 2.

Sementara itu dalam unggahan video singkat yang telah ramai beredar di media sosial sekitar pertengahan November lalu, Calon Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan, dirinya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: KPU belum terima informasi resmi Cagub Sugianto terpapar COVID-19

"Saya baru saja mendapatkan kabar terpapar COVID-19 berdasarkan hasil tes usap atau "swab test"," katanya melalui unggahan video singkat tersebut.

Meski dinyatakan terpapar virus tersebut, Sugianto mengaku dalam keadaan baik dan tidak merasakan gejala apapun. Dia pun menyatakan tengah melakukan isolasi mandiri sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

Baca juga: KPU harap debat Pilkada Kalteng jadi gambaran warga untuk gunakan hak pilih