Transformasi melalui Kalteng Corpu, kata Plt Gubernur

id Pemprov kalteng, kalteng corpu, habib ismail, sdm aparatur kalteng, asn, aparatur sipil negara

Transformasi melalui Kalteng Corpu, kata Plt Gubernur

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail (dua dari kanan) saat kick off Kalteng Corpu di Palangka Raya, Rabu, (2/12/2020). (ANTARA/Ho-Pemprov Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melakukan 'kick off' Inovasi Kalteng Corporate University (Corpu) tahun 2020 bertempat di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur di Palangka Raya, Rabu.

"Kalteng Corpu merupakan strategi transformasi, yakni proses pengembangan aparatur guna mewujudkan SDM pemprov unggul dan berdaya saing," kata Pelaksana Tugas Gubernur Kalteng Habib Ismail.

Strategi yang diterapkan guna mencapai tujuan yang telah ditentukan, yakni mengadopsi maupun mengembangkan konsep Corpu yang disesuaikan 'core business' pemprov.

"Konsep Corpu ini kami harapkan mampu mentransformasikan sistem pembelajaran dan budaya kerja lebih terarah, modern, serta tentunya komprehensif guna menciptakan aparatur berdaya saing tinggi," terangnya.

Selain peningkatan kapasitas aparatur, pengembangan SDM dilakukan untuk pencapaian kinerja organisasi dalam visi dan misi pemprov maupun pembangunan nasional.

Untuk itu, pihaknya memberikan apresiasi terhadap inovasi ini digagas oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalteng tersebut.

Namun dalam hal ini, sinergi antara BPSDM, BKD dan Biro Organisasi sangat penting, yakni pengembangan SDM yang terintegrasi atau 'corporate university' tak bisa dipisahkan dengan kebutuhan pemenuhan kompetensi ASN.

"Bappeda juga kami minta terlibat dalam tahapan perencanaan maupun penyusunan rancangan induk Kalteng Corpu," jelas Habib.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada 2021 mendatang pemprov akan kembali menyusun RPJMD 2021-2026, sehingga diharapkan penyelenggaraan pengembangan kompetensi aparatur dilakukan secara optimal, sesuai kebutuhan daerah.

"Tak kalah penting aparatur tersebut mampu berkontribusi secara nyata dalam pencapaian visi dan misi pembangunan di Kalteng," ungkapnya.

Selanjutnya pemerintah kabupaten dan kota juga diharapkan mampu berperan dan berkontribusi secara optimal dalam pengembangan SDM ASN di Kalteng, guna terwujudnya ASN Smart, yakni ASN yang siap menghadapi berbagai tantangan yang semakin kompleks.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar