Barito Utara segera lakukan penertiban APK jelang Pilkada

id kpu barito utara,penertiban apk,pilkada kalteng,distribusi logistik

Barito Utara segera lakukan penertiban APK jelang Pilkada

KPU Barito Utara bersama pemerintah daerah dan instansi terkait menggelar rapat koordinasi terkait membahas penertiban alat peraga kampanye menjelang hari pemungutan suara dan rencana pendistribusian atau pergeseran logistik di Muara Teweh, Jumat (4/12/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara menggelar rapat koordinasi  dengan pemerintah daerah dan instansi terkait dalam rangka membahas penertiban alat peraga kampanye (APK) menjelang hari pemungutan suara dan rencana pendistribusian atau pergeseran logistik menjelang Pilkada Kalimantan Tengah pada 9 Desember 2020.
 
"Pada rakor ini dibahas penertiban alat peraga kampanye menjelang hari pemungutan suara dan rencana pendistribusian atau pergeseran logistik pemilu," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara  Jainal Abidin  di Muara Teweh, Jumat.
 
Sekda  Jainal  meminta agar pelaksanaan pilkada yang dilaksanakan 9 Desember dapat berjalan lancar, baik dari pihak peyelenggara,pengawas hingga pemilih betul-betul memperhatikan protokol kesehatan COVID-19.

"Kehadiran kita dalam rapat ini semua sebagai bentuk sinergitas dalam menyukseskan pemilu pemilahan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah  2020, agar berjalan lancar, aman dan damai," kata Jainal Abidin.

Ketua KPU Barito Utara  Malik Muliawan mengatakan pada rakor ini dibahas logistik tentang pilkada ini ada dua yang masuk di dalam kotak dan ada yang masuk di luar kotak dari komponen itu sampai saat ini yang diterima hanya berupa formulir.

"Setelah kami kordinasikan ke KPU Kalteng, Insya Allah kelengkapan logistik akan dikirim besok sudah sampai ke KPU Kabupaten Barito Utara," katanya.

Malik mengatakan logistik pilkada ini akan bergeser pada 6 Desember 2020 ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena sesuai ketentuan H-1 sudah ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Adapun tranportasi yang digunakan dalam pengiriman logistik yaitu jalur darat dan jalur sungai.

"Saya berharap nantinya pendistribusian ini berjalan dengan aman,tertib dan lancar," kata dia.

Malik juga menyampaikan agar pasangan calon kepala daerah baik nomor urut 01 dan 02 agar bisa membersihkan APK seperti spanduk, baliho dan sebagainya karena dalam masa tenang yang dimulai 5 Desember 2020.