Dua pilot selamat saat kecelakaan Pesawat KT-1B Wong Bee

id kecelakaan Pesawat KT-1B Wong Bee,Dua pilot selamat saat kecelakaan Pesawat KT-1B Wong Bee

Dua pilot selamat saat kecelakaan Pesawat KT-1B Wong Bee

Atraksi Jupiter Aerobatik Team menggunakan pesawat KT 1 Wong Bee saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (5/10/2019). ANTARA/Bayu Prasetyo/pri

Jakarta (ANTARA) - Dua pilot TNI Angkatan Udara bernama Mayor Pnb Sekti Ambarwati (instruktur) dan Letda Adm Krisna Nugraha (Siswa Penerbang) yang sedang melaksanakan latihan rutin menggunakan pesawat latih KT-1B Wong Bee Nomor Registrasi LL-0111 mengalami kecelakaan di ujung barat "runway" atau landasan pacu Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Senin.
 
"Meskipun pesawat mengalami 'total lost' (rusak berat), kedua pilot Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto Yogyakarta itu dinyatakan selamat," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah dalam siaran persnya, di Jakarta, Senin.

Dia menjelaskan, kecelakaan terjadi pukul 12.50 WIB, pada saat melakukan pendaratan di ujung barat landasan pacu atau "runway" 09 Lanud Adisutjipto.
 
"Pilot dan siswa berhasil keluar dari pesawat dengan selamat," ujar Gilang.

Menurut dia, tidak ada kerusakan dan kerugian material serta personel di darat, karena pesawat jatuh di area tanah kosong di dalam kawasan Lanud Adisutjipto.
 
Saat ini, lanjut dia, kedua pilot sedang menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat TNI AU Hardjolukito, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Penyebab kecelakaan, kata Gilang, masih dalam proses penyelidikan.
 
"Penyebab kecelakaan masih dalam proses penyelidikan oleh tim investigasi TNI AU," katanya.