Pemkab Barito Utara perpanjang waktu pendaftaran lelang jabatan

id lelang jabatan barito utara,perpanjang waktu pendaftaran,bkpsdm barito utara,lelang jabatan barut diperpanjang

Pemkab Barito Utara perpanjang waktu pendaftaran lelang jabatan

Kepala Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Barito Utara, Abdul Wahid.ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, perpanjang waktu pendaftaran seleksi terbuka untuk mengisi 15 jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama eselon II b di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

"Diperpanjangnya waktu pendaftaran  lelang jabatan mulai hari ini sampai 15 Desember, karena ada lima  satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang pendaftarnya kurang dari tiga orang," kata  Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin  melalui Kepala Sekretariat Panitia Seleksi Terbuka Abdul Wahid di Muara Teweh, Jumat.

Menurut dia, lima SKPD tersebut antara lain Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris DPRD,Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia,Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sesuai surat edaran  Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengisian jabatan pimpinan tinggi  secara terbuka dan kompetensi di lingkungan instansi pemerintah  dalam kondisi kedaruratan kesehatan masyarakat COVID-19, jika telah diperpanjang, namun masih minim peserta, maka minimal dua pelamar setiap jabatan seleksi terbuka boleh dilaksanakan.

"Jadi  minimal dua orang  peserta, lelang jabatan tetap bisa dilaksanakan dan aturan tersebut berlaku pada saat pandemi COVID-19 ini saja," katanya.

Wahid mengatakan, Pemkab Barito Utara  saat ini membuka seleksi terbuka untuk mengisi 15 jabatan yang lowong  meliputi Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris DPRD, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Kemudian, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian, Kepala Dinas Pertanian  serta Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

"Saat ini kelimabelas jabatan tersebut status pejabatnya sebagai Pelaksana Tugas (Plt) dan kalau pejabat tersebut berminat di harapkan ikut lelang jabatan tersebut dengan pangkat minimal IV a dan usia paling tinggi 56 tahun," kata dia.
 
Dia menjelaskan, seleksi terbuka ini sesuai sesuai Peraturan Menteri  Pendayagunaan  Aparatur  Negara  dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah, 

Disamping itu Surat Rekomendasi Wakil Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-3863/KASN/11/2020, tanggal 30 November 2020 perihal Rekomendasi Rencana  Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara,

"Dengan ini kami mengundang para pegawai negeri sipil di lingkungan satuan organisasi perangkat daerah Kabupaten Barito Utara yang telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri melalui seleksi terbuka dengan ketentuan yang telah diberlakukan," jelas Wahid yang juga menjabat Kabid Pembinaan, Kesejahteraan dan Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baritot Utara ini.

Dia menjelaskan bagi PNS yang berminat mengikuti lelang jabatan ini mengisi formulir pendaftaran dan format lampiran dapat di unduh melalui laman  www.baritoutarakab.go.id.  Berkas pendaftaran tersebut diserahkan sebanyak satu rangkap pada sekretariat panitia seleksi terbuka JPT Pratama  di BKPSDM Barito Utara selama masa pendaftaran pada hari kalender dan softcopy file PDF-nya dikirim ke email  panselterbarut2020@gmail.com. 

Tahapan seleksi ini meliput  verifikasi dan penilaian administrasi dijadwalkan 11-15 Desember 2020, pengumuman hasil seleksi administrasi  pada 16 Desember, uji kompetensi/assessment  17-18 Desember,  rekam jejak, uji penulisan dan presentase makalah 20-21 Desember, pengumuman hasil assessment  dan uji makalah 21 Desember, wawancara akhir 22-23 Desember, pengumuman akhir 23 Desember dan  uji kesehatan  26 Desember. 

"Penyampaian hasil seleksi kepada Sekretaris Daerah untuk diteruskan ke Bupati Barito Utara selaku pejabat pembinan kepegawaian (PPK) pada 28 Desember dan laporan pelaksanaan seleksi terbuka ke KASN 30 Desember 2020," jelas dia. 

Dia menambahkan untuk kegiatan assessment akan dilaksanakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sedangkan penggalian potensi diri, wawancara dilakukan di Muara Teweh.

"Terkait tempat kegiatan di Banjarmasin dan Muara Teweh masih belum ada pemberitahuan  dari Lembaga Assessment Centre di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin dan panitia seleksi karena melihat jumlah peserta yang melamar," ujar Abdul Wahid.