PKK Barito Utara gelar tes cepat khusus perempuan

id tp pkk barito utara,rapid test,tes usap

PKK Barito Utara gelar  tes cepat  khusus perempuan

Pengurus TP PKK Barito Utara dan organisasi wanita lainnya mengikuti rapid test atau tes usap dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92 tahun 2020, di aula Kecamatan Teweh Tengah, Muara Teweh, Rabu (16/12/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan tes cepat  atau rapid test gratis untuk kaum perempuan dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-92  Tahun 2020 di aula Kecamatan Teweh Tengah.
 
Ketua TP-PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Ketua Pokja IV TP-PKK Hj Askiah  di Muara Teweh, Rabu, mengatakan dalam rangka mempromosikan adaptasi kebiasaan baru, Presiden RI Joko Widodo meminta kepada TP-PKK untuk turut membantu edukasi dan penguatan di tingkat keluarga menjadi fondasi kokoh untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

"TP-PKK Barito Utara telah melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat mengenai hal-hal penting dalam menghadapi COVID-19 ini. Sosialisasi tersebut pun dilakukan melalui penyuluhan lansung serta penggunaan media sosial," kata Hj Askiah.

Selain itu,kata dia, TP-PKK Kabupaten Barito Utara juga telah melakukan gerakan sejuta masker. Dalam hal ini pihaknya lansung terjun ke masyarakat memberikan edukasi ke beberapa desa dan kelurahan serta mensosialisasikan adaptasi kebiasaan baru.

"Untuk itu saya berpesan supaya masyarakat dapat memahami bahwa pandemi COVID-19 ini perlu ditanggapi secara serius sehingga penerapan protokol kesehatan pun dilakukan dengan disiplin," kata dia saat membacakan sambutan tertulis Ketua TP-PKK Barito Utara.

Ia juga berharap kepada seluruh kader PKK dan perempuan untuk tidak bosan-bosannya mensisialisasikan gerakan 3M (Mencuci tangan,  Menjaga jarak,  Menggunakan masker).

Sementara dalam laporannya, Ketua pelaksana rapid test dalam rangka Hari Ibu ke-92, Misrun Kijing mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan rapid test untuk kaum perempuan ini adalah memasyarakatkan adaptasi kebiasaan baru untuk turut membantu edukasi dan penguatan di tingkat keluarga menjadi fondasi kokoh untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Peserta yang akan di rapid test pada hari ini berjumlah 200 orang terdiri dari anggota dan kader PKK, seluruh anggota dan pengurus TP-PKK Barito Utara, organisasi wanita bahkan masyarakat pun bisa untuk memeriksakan dirinya untuk di rapid test," kata Kijing.

Dalam kegiatan rapid test gratis tersebut dihadiri Camat Teweh Tengah Kastanto, pengurus TP PKK Barito Utara, Persit Kartika Candra Kirana, mahasiswi dan masyarakat serta undangan lainnya.