Pemprov Kalteng dorong peningkatan kewaspadaan bidang TI

id Kesbangpol kalteng, kalimantan tengah, daring, konflik daring, online, dalam jaringan, perpecahan, cegah radikalisme

Pemprov Kalteng dorong peningkatan kewaspadaan bidang TI

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng, Agus Pramono. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), berupaya meningkatkan kewaspadaan masyarakat di bidang teknologi informasi (TI).

"Fokus Kesbangpol pada 2021 ini, salah satunya yakni bagaimana membangun kewaspadaan di bidang TI," kata Kepala Kesbangpol Kalteng Agus Pramono di Palangka Raya, Rabu.

Menurutnya diketahui bersama perkembangan di bidang TI, khususnya media sosial sangatlah pesat seiring berjalannya waktu. Terlebih di masa pandemi COVID-19, tampaknya intensitas penggunaan masyarakat terhadapnya kian meningkat.

Untuk itu Kesbangpol berupaya mengingatkan serta mendorong masyarakat, agar lebih waspada maupun selektif dalam menerima setiap informasi yang didapat.

Sebab tak bisa dipungkiri, sejumlah hal harus diwaspadai saat menerima informasi di medsos, mulai dari informasi palsu atau hoaks, informasi yang bersifat provokatif, intoleransi dan lainnya.

Maka diperlukan pondasi yang kuat khususnya tentang pemahaman terhadap nilai-nilai gotong royong, semangat kebersamaan kesatuan dan persatuan dalam membangun daerah maupun Indonesia.

"Kami kedepan ingin membangun narasi, utamanya di kalangan generasi muda, yakni berkaitan dengan penguatan bela negara, rasa cinta tanah air dan berbagai hal positif lainnya," terangnya.

Agus menuturkan, pihaknya mengajak generasi muda bermedsos yang bermartabat, artinya bermedsos yang mengendepankan persatuan dan kesatuan, hingga memahami Pancasila secara benar.

Generasi muda menjadi bagian penting dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan yang berkelanjutan, karena merekalah yang nantinya akan melanjutkan pembangunan di masa mendatang.

Untuk itu sudah seharusnya generasi muda dibekali dengan berbagai hal yang positif, sehingga tumbuh menjadi generasi yang kuat, tangguh dan mampu memperjuangkan harapan bangsa.

Pihaknya juga senantiasa bersinergi bersama Forkopimda untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta keamanan dan ketertiban dalam pembangunan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar