Infrastruktur penunjang pertanian Seruyan perlu ditingkatkan

id Dprd seruyan, bejo riyanto, legislator seruyan, kuala pembuang, infrastruktur pertanian, sawah, padi, petani

Infrastruktur penunjang pertanian Seruyan perlu ditingkatkan

Anggota DPRD Seruyan, Bejo Riyanto. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto mendorong pemerintah kabupaten setempat, meningkatkan pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan yang akan memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat petani.

“Peningkatan infrastruktur penunjang pertanian seperti jalan dan jembatan ini sangat penting, untuk memudahkan para petani melaksanakan aktivitasnya,” katanya di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, adanya peningkatan infrastruktur maka hasil pertanian juga akan meningkat, karena masyarakat bisa dengan mudah dalam proses penanaman, perawatan hingga panen nantinya.

“Kalau jalannya bagus dan baik tentu semuanya akan terasa mudah. Otomatis hasil pertanian kita juga akan meningkat dengan sendirinya,” ungkapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional itu menyampaikan, saat ini akses untuk masuk kawasan pertanian masih cukup sulit dilewati, terlebih pada musim hujan akan lebih susah karena masih ada akses jalan yang masih berupa badan jalan. 

“Jadi kalau hujan, maka akses jalan pertanian akan sulit dilewati karena jalannya berlumpur, khususnya di Kecamatan Seruyan Hilir. Maka peningkatan infrastruktur seperti jembatan dan jalan ini sangatlah penting,” ungkap Bejo.

Ia menambahkan, khususnya wilayah Daerah Pemilihan I sangat menjanjikan untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian. Selain wilayahnya yang mendukung, juga terdapat banyak lahan masyarakat, sehingga pertanian adalah salah satu sektor yang diunggulkan di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

“Untuk meningkatkan hasil pertanian di Seruyan perlu dukungan pemerintah, salah satunya seperti peningkatan akses jalan," tegasnya.

Tujuannya agar memudahkan masyarakat petani melakukan aktivitas pertanian. Bejo pun yakin, apabila akses jalan menuju pertanian lancar dan nyaman, maka petani juga akan lebih mudah dalam bertani maupun meningkatkan hasil pertaniannya.