Rumah sakit ini dinobatkan sebagai PLKK terbaik se-Kalimantan

id Rumah sakit ini dinobatkan sebagai PLKK terbaik se-Kalimantan, Palangka raya, BPJAMSOSTEK

Rumah sakit ini dinobatkan sebagai PLKK terbaik se-Kalimantan

Deputi Direktur Wilayah Kalimantan BPJAMSOSTEK Arif Zahari (tiga dari kiri) didampingi Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Royyan Huda kepada Direktur RS Awal Bros Betang Pambelum Dewi Saputra Tjitra di Palangka Raya, Kamis (14/1/2021). ANTARA/Adi Wibowo 

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Wilayah Kalimantan menobatkan Rumah Sakit (RS) Awal Bros Betang Pambelum sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) terbaik se-Kalimantan pada tahun 2020.

"Pemberian penghargaan tersebut, sebagai bentuk apresiasi BPJAMSOSTEK terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh PLKK kepada para peserta. PLKK yang terpilih diberikan bantuan peralatan dan penunjang medis senilai Rp20 juta," kata Deputi Direktur Wilayah Kalimantan BPJAMSOSTEK Arif Zahari di Palangka Raya, Kamis.

Arif mengatakan, PLKK adalah fasilitas pelayanan kesehatan berupa klinik, puskesmas, balai pengobatan, praktek dokter bersama dan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJAMSOSTEK dalam memberikan pelayanan kesehatan, pada kasus kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja (KK-PAK).

Pemenang PLKK Award memenuhi kriteria secara umum dan secara khusus. Kriteria umum meliputi minimal satu tahun menjadi kepesertaan BPJAMSOSTEK, melaporkan upah yang sebenarnya, tidak termasuk perusahaan dalam kategori PDS (perusahaan daftar sebagian) upah dan program, serta belum pernah menjadi pemenang PLKK Award dalam tiga tahun terakhir.

Kriteria khusus lain diantaranya, tersedia sarana dan prasarana rehabilitasi medik, bekerja sama minimal satu tahun. Selanjutnya tingkat utilisasi PLKK sebesar 10 persen dari kasus JKK cabang setempat, menggunakan aplikasi e-PLKK berbasis website untuk tahap satu dan tahap dua.

"Termasuk tertib pelaporan dan penagihan klaim, mempunyai tim terpadu meliputi dokter umum, instalasi gawat darurat, manajemen dan dokter bedah, petugas administrasi dan PIC (person in charge), serta mempunyai lebih dari satu dokter spesialis bedah multifungsi," tuturnya.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya Royyan Huda berharap, PLKK Award tersebut dapat merangsang mitra kerja PLKK untuk terus berinovasi serta memberikan pelayanan terbaiknya kepada peserta.

"Jujur kami sangat bangga sebab satu mitra kerja PLKK di Palangka Raya menjadi yang terbaik se-Kalimantan. Memang persaingannya sangat ketat dan ada 242 PLKK se-Kalimantan yang menjadi kandidat PLKK Award 2020," beber Royyan.

Sementara itu, Direktur RS Awal Bros Betang Pambelum Dewi Saputra Tjitra mengatakan, pihaknya sangat bangga mendapat kesempatan menerima PLKK Award. Dengan demikian RS Awal Bros Betang Pambelum yang berada di Jalan TJilik Riwut Km 6 Palangka Raya diakui sebagai PLKK terbaik se-Kalimantan tahun 2020.

"Sebenarnya kami menjadi salah satu mitra kerja dan PLKK sejak Oktober 2018. Pencapaian yang sudah kami dapatkan ini, tentunya berkat kerjasama  dan dukungan kantor Cabang BPJAMSOSTEK Palangka Raya, terutama dalam kelancaran proses administrasi. Terima kasih juga kami ucapkan kepada keluarga besar RS Awal Bros Betang Pambelum," tutupnya.

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya ajak masyarakat tak takut divaksinCOVID-19