Legislator Seruyan sebut pembangunan harus miliki perencanaan matang

id Dprd seruyan, bejo riyanto, perencanaan pembangunan, kuala pembuang

Legislator Seruyan sebut pembangunan harus miliki perencanaan matang

Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto. (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto meminta dalam pelaksanaan pembangunan harus dibarengi perencanaan yang matang, sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

“Kalau ingin membangun itu, perencanaannya harus jelas jangan sampai setelah bangunan selesai, pemanfaatannya tidak ada,” kata Bejo di Kuala Pembuang, Selasa.

Jika ingin menghasilkan pembangunan yang maksimal, baik dari sisi kekuatan, ketahanan dan kegunaannya perlu adanya perencanaan yang matang agar apa yang telah dikerjakan tidak sia-sia.

“Selama ini di tahun-tahun sebelumnya masih ada pembangunan yang perencanaannya dadakan, akhirnya kualitasnya juga akan dadakan juga. Salah satu contoh membangun jalan tapi tidak ada masyarakatnya, hal-hal seperti ini saya nilai perencanaannya masih belum maksimal,” ungkapnya.

Lanjut Bejo menjelaskan, perencanaan mempunyai peran sangat penting dalam pembangunan. Selain itu dalam perencanaan yang matang tentu perlu sumber daya manusia memadai.

“Peningkatan SDM perencanaan juga sangat penting untuk mencapai pembangunan berkualitas. Hal tersebut harus lebih diperhatikan sehingga pembangunan yang dilaksanakan sesuai yang diharapakan dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini," harapnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini menambahkan, pemerintah daerah harus benar-benar lebih memerhatikan dan maksimal dalam perencanaan, termasuk dari SDM nya agar anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan tidak sia-sia.

“Memang saat ini pembangunan menjadi salah satu prioritas Pemda Seruyan, dengan demikian kita harus bersama-sama memantau dan mengawasi apa yang telah diprogramkan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya. Tujuannya agar menghasilkan pembangunan yang diharapkan dan bermanfaat bagi banyak orang, tanpa adanya bangunan yang sia-sia,” demikian Bejo.