Legislator Barsel ajak masyarakat bantu pemberantasan narkoba

id Legislator Barsel ajak masyarakat bantu pemberantasan narkoba, Buntok, barsel, barito selatan, narkoba

Legislator Barsel ajak masyarakat bantu pemberantasan narkoba

Anggota DPRD Barito Selatan, H Sudiarto. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, H Sudiarto mengatakan, masyarakat sangat berperan penting membantu aparat berwajib dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah setempat.

"Peredaran narkoba sudah masuk ke pelosok-pelosok daerah perdesaan, bahkan hingga ke kalangan pelajar," kata Sudiarto di Buntok, Kamis.

Informasi dari masyarakat di daerah ini sangat penting dan sangat diperlukan dalam membantu aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Mantan Kepala Desa Babai, Kecamatan Karau Kuala itu menilai, masyarakat mengetahui keadaan dan kondisi lingkungan di tempat tinggal mereka masing-masing. Masyarakat akan dengan sangat mudah mengetahui jika ada orang tidak dikenal atau mencurigakan muncul di lingkungan mereka.

Ia mencontohkan, seperti halnya pengungkapan kasus narkoba pada Kamis (14/1) lalu oleh Satuan Narkoba Polres Barito Selatan yang tempat kejadian perkaranya berada di Jalan Kartini Buntok. Pengungkapan itu berawal dari adanya laporan masyarakat yang curiga ada aktivitas terkait narkoba.

"Pengungkapan kasus kemarin kan berawal dari adanya laporan masyarakat dan setelah itu ditindaklanjuti aparat kepolisian Polres Barito Selatan, sehingga berhasil mengamankan dua orang pelaku yang diduga ingin melakukan transaksi narkoba jenis sabu-sabu," ujarnya.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan itu juga berharap kepada masyarakat di wilayah setempat hendaknya tidak perlu takut untuk menyampaikan ataupun melaporkan kepada yang berwajib apabila melihat sesuatu mencurigakan di sekitar tempat tinggalnya masing-masing.

"Kita berharap, seluruh lapisan masyarakat di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini dapat bekerjasama dalam memberantas peredaran narkoba dengan melaporkan apabila melihat sesuatu yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing," harap Sudiarto.

Menurut dia, peran serta dari masyarakat sangat penting dan sangat diperlukan dalam menyelamatkan generasi muda penerus bangsa supaya terhindar dari barang haram yang dapat merusak masa depan tersebut.

Baca juga: Dishub Barsel usulkan perbaikan Pelabuhan Pasar Lama