Pasokan luar daerah dominasi pemenuhan kebutuhan pokok Sukamara

id Bupati sukamara, windu subagio, sukamara, kebutuhan pokok sukamara, pasokan beras, sembako sukamara 1.256 Views

Pasokan luar daerah dominasi pemenuhan kebutuhan pokok Sukamara

Foto Dokumentasi - Bupati Sukamara Windu Subagio meninjau pasar di wilayah setempat beberapa waktu lalu. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Sukamara (ANTARA) - Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah menyampaikan, dalam memenuhi kebutuhan sembako di wilayah setempat sekitar 80 persennya masih dipasok dari luar daerah.

“Memang harus kami akui bahwa untuk pemenuhan sembako warga, masih berharap dari luar daerah,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Sukamara Ilham Massora, melalui Kabid Perdagangan M Ali Sofwan Nur, Jumat.

Maka apabila terjadi gangguan atau bencana di daerah pemasok khusuusnya di jalur transportasi, tentu akan sangat berpengaruh pada kenaikan harga barang di Sukamara.

“Salah satu contoh yang saat ini sudah mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni cabe rawit dan kacang kedelai. Kenaikannya sudah berada di atas 20-40 persen,” ungkapnya.

Guna mengantisipasi kenaikan yang lebih signifikan lagi, pihaknya melakukan pengawasan dan peninjauan rutin ke pedagang di pasar, guna memastikan penyebab kelangkaan tersebut.

“Kami harapkan komoditi lainnya tidak berpengaruh juga. Terkait penyebab kenaikan secara signifikan ini, akibat pasokan berkurang karena di beberapa daerah tempat memasok kebanyakan gagal panen. Sedangkan permintaan konsumen mengalami peningkatan,” jelasnya.

Jika daerah-daerah pemasok kebutuhan pokok ke wilayah Sukamara ini tidak terganggu atau aman, maka kebutuhan di Sukamara juga akan aman dan terpenuhi.

“Beberapa komoditi yang dipasok dari luar seperti beras, sayur-sayuran dan beberapa lainnya. Untuk stok beras hingga Mei 2021 bisa kami pastikan masih terpenuhi untuk seluruh warga Sukamara,” terangnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar