Lindungi diri dari COVID-19 dengan jaga kualitas udara di rumah

id kualitas udara, jaga kualitas udara di rumah ,Lindungi diri dari COVID-19,COVID19

Lindungi diri dari COVID-19 dengan jaga kualitas udara di rumah

UVD Robots merupakan robot desinfektan otonom yang dilengkapi dengan sinar UV-C yang membunuh virus dan bakteri di permukaan dan di udara. Rumah Sakit Umum "Dr. Ivo Pedisic" Sisak di Kroasia memasang UVD Robots di lima belas ruang operasi di mana hasilnya tidak menunjukkan adanya mikroorganisme setelah disinfeksi. Pada bulan Maret, robot itu dipindahkan untuk menangani departemen Covid-19, di mana hanya satu anggota staf yang dinyatakan positif Covid dibandingkan dengan 37 karyawan di departemen lain. Di Gruppo Poloclinico Abano di Italia, enam dokter telah terinfeksi COVID-19 sebelum UVD Robots dikerahkan. Tidak ada kasus COVID-19 yang muncul di antara dokter, perawat, atau pasien setelah pemasangan UVD Robots. Robot tersebut kini telah diluncurkan ke lebih dari 60 negara di seluruh dunia. ANTARA/Business Wire.

Jakarta (ANTARA) - Berdasarkan pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penularan virus COVID-19 melalui udara atau airbone dapat terjadi pada ruangan tertutup yang berventilasi kurang baik dan dipadati banyak orang.

Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi dr. Maydie Esfandiari menjelaskan, penting untuk selalu menjaga kualitas dan sirkulasi udara bersih di dalam ruangan agar tubuh tetap sehat dan bebas dari virus, bakteri, serta jamur yang dapat menyerang sistem pernapasan.

“Tubuh membutuhkan oksigen dari udara untuk kelangsungan metabolisme. Oleh karena itu penting untuk memiliki udara yang bersih dan berkualitas seperti tidak berwarna, berbau, dan berasa; terasa segar bila dihirup; serta tidak bercampur dengan benda asing," kata Maydie dalam keterangannya, Sabtu.

Dia melanjutkan, seiring berjalannya waktu kualitas udara semakin memburuk sehingga muncul berbagai gangguan penyakit yang berbahaya dan sering dikeluhkan seperti infeksi saluran napas atas (ISPA), kanker, jantung, kulit hingga kondisi yang paling dikhawatirkan saat ini yaitu terpapar COVID-19.

Dia menyarankan untuk selalu memperhatikan sirkulasi udara dan meletakkan ventilasi pada posisi yang tepat. Selain itu, jagalah kebersihan benda-benda yang rentan menyerap debu, bakteri, jamur, seperti mesin pendingin, karpet, ataupun boneka.

"Pelihara tanaman yang memberikan oksigen tambahan hingga menggunakan semprotan disinfektan yang aman untuk saluran pernapasan," lanjut dia.

Di luar itu, selalu terapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan dengan ketat. Selalu gunakan masker, cuci tangan, hindari keramaian, jaga imunitas tubuh dengan rajin berolahraga, istirahat cukup, mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin.