Berikut capaian sementara vaksinasi COVID-19 Kalteng

id Vaksinasi covid 19 kalteng, covid 19, palangka raya, pulang pisai, virus corona 376 Views

Berikut capaian sementara vaksinasi COVID-19 Kalteng

Foto Dokumentasi - Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul saat vaksinasi COVID-19 di Palangka Raya, Kamis, (14/1/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Vaksinasi COVID-19 tahap pertama di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah terus berlanjut, khususnya untuk dua daerah awal yakni Kota Palangka Raya dan Kabupaten Pulang Pisau.

Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul saat dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu malam, menjelaskan, capaian vaksinasi tenaga kesehatan terus meningkat.

"Pulang Pisau sampai kemarin 59 persen dan Palangka Raya 25 persen. Sedangkan data hari ini saya belum tahu," jelasnya melalui pesan WhatsApp.

Adapun mereka yang telah divaksinasi masih mendapatkan vaksin dosis pertama, sedangkan vaksin dosis kedua masih belum dilakukan.

"Ya belum. Saya saja nanti sekitar 28 Januari mendatang baru vaksin keduanya," jelasnya saat ditanya mengenai jumlah pemberian dosis vaksin yang telah dilakukan.

Sebelumnya Suyuti yang juga menjabat Wakil Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng ini menyampaikan, vaksinasi COVID-19 tahap satu yakni sasaran SDM kesehatan Kalteng sekitar 19.927 orang. Adapun pada Januari dilakukan di dua daerah, yakni Palangka Raya dan Pulang Pisau sebanyak 4.462 sasaran.

Waktu pelaksanaan vaksinasi tahap satu dengan estimasi yakni Januari-April 2021. Jumlah sasaran SDM kesehatan berdasarkan data SI SDMK Kemenkes itu memerlukan sebanyak 39.845 vial vaksin untuk dua dosis pemberian bagi tiap sasaran.

Adapun jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang terlibat dalam vaksinasi sebanyak 230 unit, terdiri dari 204 Puskesmas, 18 rumah sakit dan delapan klinik. Vaksinator terlatih sebanyak 250 orang dan diperkirakan jumlahnya akan bertambah.

Ditegaskannya, vaksinasi dilakukan sebagai bagian dari upaya percepatan penanggulangan pandemi COVID-19 yang telah berlangsung cukup lama. Vaksinasi bertujuan meningkatkan kekebalan individu dan kelompok, serta menjaga kesehatan masyarakat agar rantai penularan virus bisa diputus.

Adapun pada pencanangan awal vaksinasi COVID-19 Kalteng beberapa waktu lalu, dipilih sejumlah perwakilan pejabat publik untuk mendapatkan vaksin guna meyakinkan masyarakat tentang keamanannya, diantaranya Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, Ketua DPRD Kalteng Wiyatno dan beberapa lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar