Pemilihan BPD ditentukan kesiapan desa dan kecamatan

id Pemkab barsel, barito selatan, buntok, dspmd barsel, mario, pemilihan bpd,Kepala dspmd barsel mario 518 Views

Pemilihan BPD ditentukan kesiapan desa dan kecamatan

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, Mario. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menyampaikan, pemilihan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bergantung pada kesiapan kecamatan dan desa yang akan melaksanakan pemilihan.

"Untuk jadwal pemilihan BPD tersebut memang belum kami tetapkan, sebab semuanya tergantung kesiapan kecamatan dan desa," kata Kepala DSPMD Barito Selatan, Mario di Buntok, Senin.

Oleh karena itu, pihaknya akan melimpahkan kepada pihak kecamatan dan masing-masing desa untuk menyusun jadwal pelaksanaan pemilihannya.

"Kami menyerahkan semuanya itu kepada camat berkoordinasi dengan desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD, untuk menentukan jadwal pelaksanaan pemilihannya," ucapnya yang pernah menjabat Camat Dusun Hilir itu.

Setelah mereka menentukan kapan waktu pelaksanaannya, maka DSPMD Barito Selatan menjadwalkan dan melaporkannya kepada pimpinan, terkait jadwal sesuai kesepakatan antara kecamatan dengan desa.

Lebih lanjut Mario menjelaskan, sesuai aturan, DSPMD hanya memfasilitasi dan untuk menentukan jadwal pelaksanaannya yakni pihak desa dan kecamatan.

Adapun jumlah desa yang akan melaksanakan pemilihan anggota BPD pada 2021 ini, sebanyak 65 desa dan pemilihannya tidak dilaksanakan secara serentak.

Sesuai Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang terbaru, terkait hal itu menyebutkan bahwa pemilihan BPD pada 2021 disesuaikan dengan zona.

"Untuk pemilihan anggota BPD yang akan dilaksanakan pada 2021 ini tetap menjalankan protokol kesehatan dan melihat zona pada setiap desa," terangnya.

Dijelaskannya, apabila pada suatu desa masuk zona merah penyebaran COVID-19, maka akan dilaksanakan pemilihan menggunakan sistem keterwakilan, namun apabila zona hijau boleh dilaksanakan pemilihan secara langsung.

Selain itu, Mario juga menyampaikan, untuk persiapan pemilihan anggota BPD di daerah ini sebenarnya sudah matang, karena panitia pemilihan di masing-masing desa yang akan melaksanakan, sudah terbentuk pada 2020 lalu.

Demikian halnya kata dia, dengan semua tahapannya, juga sudah terlaksana pada 2020 lalu, sedangkan untuk pelaksanaan pemilihannya ditunda karena masa pandemi COVID-19.

"Baru awal tahun ini terbit surat dari Mendagri bahwa pada 2021 wajib dilaksanakan pemilihan anggota BPD," demikian Mario.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar