PMI Kalteng salurkan bantuan ke korban banjir di Kalsel

id Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah,PMI Kalimantan Tengah,Sekretaris PMI Kalteng ,Siti Nafsiah,PMI Kalteng salurkan ba

PMI Kalteng salurkan bantuan ke korban banjir di Kalsel

PMI di Kalteng menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan yang pelepasannya dilakukan di Palangka Raya, Rabu (27/1/2021) (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Palang Merah Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) beserta PMI di tiga kabupaten di Kalteng menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Provinsi kalimantan Selatan (Kalsel).

"Hari ini PMI Kalteng bersama PMI Kabupaten Kotawaringin Barat, PMI Kabupaten Seruyan dan PMI Kabupaten Sukamara menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kalsel," kata Sekretaris PMI Provinsi Kalteng Siti Nafsiah di Palangka Raya, Rabu.

Nafsiah menerangkan, bantuan yang disalurkan itu terdiri dari berbagai jenis seperti uang, pakaian, bahan makanan, susu bayi, obat-obatan, kebutuhan alat kebersihan diri.

Dia menambahkan, tersebut merupakan kumpulan sumbangan dari masyarakat dan para dermawan yang peduli dengan musibah banjir yang melanda warga di Kalimantan Selatan dua pekan terakhir.

"Hari ini berangkat enam armada dan satu ambulan didukung 29 personel baik pengurus PMI kabupaten dan PMI Provinsi, relawan PMI, tim kesehatan hingga BPBD," kata Nafsiah disela seremoni pelepasan penyaluran bantuan bagi korban banjir di Kalsel yang dilakukan di halaman markas PMI Kalteng di Palangka Raya.

Wanita berhijab itu menerangkan pendistribusian bantuan yang berhasil dihimpun PMI di Kalteng itu akan dikoordinasikan dengan PMI di Kalimantan Selatan.

"Nanti kita serahkan ke PMI Kalsel. Kita tunggu petunjuk dan arahan tuan rumah. Jika diperlukan untuk mendistribusikan ke daerah tertentu kami dan tim PMI dari Kalteng siap," katanya.

Baca juga: MK diminta batalkan hasil Pilkada Kalteng

Keberangkatan PMI dari Kalteng ini sendiri menggunakan jalur darat. Setibanya di Kalsel rombongan dari Kalteng akan disambut langsung oleh Ketua PMI Kalteng yang sudah menunggu di Kalimantan Selatan.

Dia pun berharap bantuan dari masyarakat yang berhasil dihimpun PMI di Kalteng dapat bermanfaat sehingga meringankan beban korban banjir.

"Saat ini pun kami dari PMI di seluruh wilayah Kalimantan Tengah juga masih menghimpun bantuan. Jika ada warga yang ingin menyalurkan sebagian rejekinya kami siap mengakomodasinya," kata Nafsiah.

Nafsiah menerangkan, penyaluran batuan itu merupakan tahap ketiga yang mana pada tahapan sebelumnya telah dilakukan PMI kabupaten/kota yang disalurkan langsung kepada masyarakat terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

Selain itu sejumlah pengurus PMI di Kalimantan Tengah juga telah menyalurkan bantuan berupa uang untuk korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat.

Baca juga: Usai berganti, Plt Kadisdik Kalteng yang baru siap tingkatkan kualitas pendidikan

Baca juga: Polda Kalteng ingatkan jangan ada yang membuat kegaduhan

Baca juga: Dislutkan kirim produk perikanan Kalteng bantu penuhi kebutuhan masyarakat Kalsel