Pemprov berharap program ketahanan pangan BRGM diperluas di Kalteng

id Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah,Kalimantan Tengah, Asisten II Pemprov Kalimantan Tengah,Nurul Edy,program ketahanan pangan BRGM di Kalteng,BRGM

Pemprov berharap program ketahanan pangan BRGM diperluas di Kalteng

sisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy (topi merah) menyampaikan sambutan di tengah kegiatan panen perdana padi yang dikelola BRGM RI di Desa Talio Hulu, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (28/1/2021). ANTARA/Adi WIbowo

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy berharap, adanya program demfarm revitalisasi gambut yang dilaksanakan oleh BRGM untuk ketahanan pangan, dapat lebih diperluas hingga ke daerah lain.

"Kami berharap jangan hanya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, tapi juga di kabupaten lain, baik itu Kotawaringin Timur dan Katingan dan lainnya," kata Nurul Edy usai mengikuti kegiatan panen padi perdana di lahan gambut yang dikelola BRGM di Desa Talio Hulu, Kamis.

Dia menuturkan, untuk lahan di daerah Kotim dan Katingan banyak lahan gambut yang sama halnya seperti di Kabupaten Pulang Pisau yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan lumbung padi.

Apalagi jika dilihat daerah Lampuyang (Kotim) dan Katingan Kuala pertanian disana belum optimal. Tentunya dengan adanya bantuan program yang sama dari BRGM, pihaknya sangat yakin bisa optimal pertanian khususnya padi di daerah itu.

"Jujur saja, dis ana itu sangat memerlukan, kalau bisa seluruh daerah di Kalteng bisa dibantu seperti ini kenapa tidak karena tujuannya adalah untuk pertahanan pangan, sesuai program pemerintah pusat," kata Nurul Edy.

Dia menambahkan, mengenai penjualan padi hasil panen petani di Kotim dan Katingan tersebut juga cukup baik, bahkan penjualannya ada yang sampai ke daerah lain.

"Kalteng sebenarnya sudah surplus mengenai padi, namun ada program ketahanan pangan jadi lahan di Kalteng yang cukup luas ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung program pemerintah pusat tersebut," ucapnya.

Baca juga: Peluncuran tata cara pengakuan Masyarakat Hukum Adat diharapkan tekan potensi konflik

Asisten II Pemprov Kalteng itu mengaju sudah berkomunikasi dengan Kepala BRGM RI, nantinya juga akan mencoba memasukan surat untuk usulan program ketahanan pangan di dua daerah yang sudah disebutkannya.

"Kalau ada peluang mengenai hal tersebut, saya akan usulkan untuk petani di wilayah Kotim dan Katingan sehingga lahan disana bisa produktif dan perekonomian warga setempat bisa berkembang," demikian Nurul Edy.

Baca juga: Usai vaksinasi COVID-19 dosis kedua, Sekda Kalteng minta masyarakat jangan takut

Baca juga: Dislutkan kirim produk perikanan Kalteng bantu penuhi kebutuhan masyarakat Kalsel

Baca juga: Pemprov Kalteng bahas PSN kereta api bersama pemerintah pusat