Masyarakat gembira jembatan Sei Benao sudah fungsional

id jembatan sei benao,bupati barut nadalsyah,camat lahei barat,benao hilir

Masyarakat  gembira  jembatan Sei Benao  sudah fungsional

Jembatan Sei Benao saat ambruk (atas) dan telah selesai dikerjakan.ANTARA/HO-Pemdes Benao Hilir

Muara Teweh (ANTARA) - Pembangunan Jembatan Sei Benao (anak Sungai Barito) di wilayah Desa Benao Hilir, Kecamatan Lahei Barat, Kabupaten Barito Utara  telah rampung dikerjakan dan sudah fungsional.

"Alhamdulillah Jembatan Sei Benao telah selesai dikerjakan. Rasa haru dan bangga atas perhatian Bupati Barito Utara H Nadalsyah yang begitu besar dengan masyarakatnya," kata Camat Lahei Barat Adi Suwarman, Senin.

Jembatan konstruksi kayu ulin yang melintas di atas Sungai Benao  Desa Benao Hilir tersebut ambruk pada 8 November 2016 lalu sekitar pukul 10.25 WIB akibat pengaruh abrasi sungai yang terjadi saat musim hujan. 

Untuk penanganan jembatan tersebut pada November 2020 lalu Bupati Nadalsyah menginstruksikan kepada Kepala PUPR  Muhammad Iman Topik, untuk segera melakukan penanganan jembatan Sei Benao dibangun kembali dengan konstruksi baja dan beton  yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakat desa setempat.

"Penyelesaian pembangunan jembatan Sei Benao ini dibangun dengan menggunakan dana pribadi dari H Nadalsyah dan perusahaan PT Mitra Barito," katanya.

Menurut Camat Lahei Barat, jembatan ini merupakan urat nadi dan sentral mobilitas masyarakat Lahei Barat. 

"Sehingga manfaat yang dirasakan masyarakat tidaklah bisa di ukur hanya dengan sekedar kata-kata. Insya Allah semua akan menjadi amal ibadah pak Bupati dan keluarga, Aamiin," ucapnya.
 
Ia juga mengatakan bahwa pihaknya tidak akan bisa membalas semua kebaikan dan perhatian yang selama ini telah diberikan Bupati Barito Utara untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Lahei Barat.

"Saya atas nama masyarakat Kecamatan Lahei Barat terkhusus masyarakat Desa Benao Hilir, Benao Hulu, Teluk Malewai, Karamuan dan Desa Papar Pujung menghaturkan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada H Nadalsyah dan Juga PT Mitra Barito yang telah begitu luar biasanya dalam membangun Barito Utara khususnya di wilayah Kecamatan Lahei Barat," kata Adi.

Camat Lahei Barat  itu  juga meminta dan memohon izin kepada Bupati H Nadalsyah, agar jembatan Sei Benao yang baru selesai dibangun tersebut diberi nama jembatan Haji Koyem.

"Banyak dari masyarakat mengusulkan agar jembatan Sei Benao yang baru selesai dikerjakan ini di beri nama Jembatan H Koyem atau jembatan H Nadalsyah," kata Adi.

Sementara Kepala Desa Benao Hilir Rahim mengatakan jembatan Sei Benao pembangunannya sudah rampung dan sudah bisa digunakan (fungsional) oleh warga masyarakat Lahei dan Lahei Barat khusus warga Desa Benao dan Desa Teluk Malewai.

"Atas Pemerintah Desa Benao Hilir dan masyarakat kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak Bupati H Nadalsyah bersama PT Mitra Barito yang telah menyelesaikan pembangun jembatan Sei Benao ini. Semoga menjadi amal jariyah untuk Bupati Barito Utara H Nadalsyah dan keluarga," kata Rahim.

Kades Benao Hilir juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Lahei Barat Adi Suwarman atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini dalam mewujudkan pembangunan jembatan Sei Benao ini dari awal penanganan hingga selesai.

"Kami dari Pemdes Benao Hilir, Ketua BPD dan seluruh warga masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas kerja keras Camat dan jajarannya serta juga kepada jajaran Dinas PUPR Barito Utara yang telah bekerja keras dalam penanganan jembatan Sei Benao ini hingga selesai," ujar Rahim.