Pembangunan RS NU diharapkan bantu tingkatkan layanan kesehatan masyarakat Kalteng

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, masjid nu, nahdlatul ulama, faskes

Pembangunan RS NU diharapkan bantu tingkatkan layanan kesehatan masyarakat Kalteng

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, pembangunan Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RS NU) sangat strategis dalam membantu memenuhi kebutuhan kesehatan kepada masyarakat.

"Adanya pembangunan rs ini, dapat memberi sekaligus melengkapi fasilitas pelayanan kesehatan yang maksimal," katanya di Palangka Raya, Sabtu.

Hal itu ia sampaikan di sela peletakkan batu pertama pembangunan RS NU Kalteng di Jalan G Obos, Palangka Raya.

Diharapkan adanya pembangunan fasilitas kesehatan itu, nantinya turut berkontribusi membangun daerah, utamanya menjadikan Kalteng semakin BERKAH, yakni bermartabat, elok, religius, kuat, amanah dan harmonis.

Dijelaskannya RS NU nantinya adalah rs umum kelas D dan dibangun empat lantai yang berkonsep modern.

"Hal itu kami harapkan bisa membuat pelayanan kesehatan kepada masyarakat atau pasien yang datang kedepannya, menjadi semakin nyaman maupun maksimal," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut Sugianto juga terus mengingatkan kepada semua pihak, agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan penanganan COVID-19.

Mulai dari memakai masker saat beraktivitas, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan mencegah kerumunan. Hal ini sebagai upaya mencegah dan memutus penyebaran virus tersebut.

Sementara itu Ketua PW NU Kalteng Wahyudi F Dirun menjelaskan, terkait pembangunan tersebut, RS NU sebelumnya merupakan klinik. Sebelum dinaikkan status menjadi RS, klinik sudah memiliki tiga dokter umum dan satu dokter gigi.

"Ini telah mendapat respon positif dari masyarakat Kalteng dan sejak Februari 2021 ini, sudah bekerja sama dengan BPJS, serta bisa melakukan swab antigen," ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Anggota DPR RI Agustiar Sabran dan pihak terkait lainnya.