Kapolda Kalteng sebut pers jadi tonggak edukasi masyarakat

id Kapolda Kalteng sebut pers jadi tonggak edukasi masyarakat, Polda Kalteng, HPN, Hari pers nasional

Kapolda Kalteng sebut pers jadi tonggak edukasi masyarakat

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo. ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Jelang peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 yang jatuh pada 9 Februari, Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol Dedi Prasetyo melalui Kepala Bidang Humas Kombes Pol Kismanto Eko Saputro mengatakan, pers selama ini menjadi tonggak edukasi masyarakat dalam memberikan informasi serta memajukan suatu daerah.

"Pers juga diharapkan terus menjadi benteng informasi masyarakat dengan bersinergi bersama Polri untuk mengatasi maraknya penyebaran kabar bohong atau hoax yang sering beredar melalui media sosial," kata Eko di Palangka Raya, Senin.

Ia juga menjelaskan, bersama pers diharapkan dapat terjalin suasana kondusif dalam menjaga keamanan dan ketertiban bermasyarakat sehingga sesuai dengan prinsip 'Huma Betang'.

"Kepada rekan-rekan pers yang bertugas di wilayah hukum Polda Kalteng, kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021 dan terus menjadi tonggak edukasi bagi masyarakat," kata Eko.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menuturkan, rasa bangganya kepada pers di Kalteng yang selama ini telah berperan aktif dalam menyampaikan informasi seputar kegiatan di jajaran Polda Kalteng.

Menurutnya, suatu kehormatan Polri dapat bekerja sama dengan awak media selama ini, baik dalam menjaga kamtibmas serta mencegah hal-hal yang sifatnya dapat meresahkan warga sehingga dapat diredam dengan baik.

Polri dan negara sangat membutuhkan kehadiran pers yang berdiri di depan melawan kekacauan informasi, penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang mengancam kamtibmas. 

"Mari bersama-sama memberikan pendidikan ke masyarakat dengan informasi positif dan tidak provokatif sehingga daerah kita aman dari penyebaran kabar bohong serta lain sebagainya," tuturnya.

Sementara itu, puncak peringatan HPN di Provinsi Kalteng akan dipusatkan di Kabupaten Seruyan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng.

Rencananya puncak HPN itu dilaksanakan pada April 2021. Dalam perayaan puncak nantinya akan digelar sejumlah acara mulai dari seminar, diseminasi, bakti sosial dan lainnya.

"Kami fokuskan pada pelaksanaan HPN Kalteng di Seruyan, sedangkan dalam perayaannya secara nasional kita akan ikuti jadwal dari PWI Pusat," demikian Ketua PWI Kalteng M Haris Sadikin.