Bantu promisikan hasil pertanian, Barut gelar Pasar Tani

id pasar tani barito utara,dinas pertanian barut,produk pertanian

Bantu promisikan hasil pertanian, Barut  gelar  Pasar Tani

Pasar Tani Barito Utara.ANTARA/HO-Dinas Pertanian Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimanatan Tengah, mulai Jumat (19/2) mengelar Pasar Tani  yang menjual produk pertanian hasil usaha tani setempat.

"Pasar Tani ini dilaksanakan setiap Jumat mulai pukul 07.30 - 11.00 WIB yang memasarkan hasil petani setempat atau lokal di halaman Kantor Dinas Pertanian dengan harga terjangkau," kata Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Syahmiludin A Surapati di Muara Teweh, Rabu.

Menurut dia, dalam kegiatan pasar tani ini pihaknya membantu  mempromosikan hasil pertanian di daerah ini seperti sayur-sayuran, beras, umbi-umbian, telur dan produk olahan pertanian.

Disamping itu, kata dia, memfasilitasi pemasaran produk pertanian yang juga sebagai bagian dari pembinaan kepada petani agar bisa memperhatikan pentingnya penanganan pasca panen berupa penyortiran untuk memilih produk yang berkualitas baik serta membuat kemasan yang menarik.

"Petani juga diminta memperhatikan faktor kebersihan/hygienes dan keamanan produk hingga pelabelan. Diharapkan dengan adanya sentuhan yang dilakukan ini dapat menarik minat para pembeli atau konsumen," katanya.

Syahmiludin mengatakan, seiring dengan peningkatan pendapatan, perbaikan gaya dan taraf hidup serta daya beli masyarakat telah membentuk adanya suatu kesadaran untuk sistem pola hidup yang sehat yang di mulai dari bahan pangan. 

Perubahan sudut pandang terhadap produk pertanian dari konsumen saat ini, tentunya perlu disikapi dengan adanya perubahan pola pikir di tingkat petani terhadap penangan hasil panennya sebelum pemasaran di lakukan.  Hal ini dilakukan agar produk lokal bisa bersaing di dalam pemasarannya. 

"Kita bisa lihat perilaku dan selera dari konsumen dalam memilih produk pertanian yang sama jenisnya di pasar tradisional dengan pasar modern. Konsumen tanpa merasa berat dan bisa menawar lagi tanpa ragu membeli produk yang ada di pasar modern walaupun harganya lebih mahal dibanding produk dan harga murah yang ada di pasar tradisional," kata dia. 

Hal ini, katanya, karena sudah terbentuk opini dikalangan konsumen yang memiliki taraf hidup kalangan menengah ke atas bahwa barang-barang yang ada di pasar modern pasti lebih terjamin keamanan, kebersihan dan telah dikemas secara baik dan menarik. 

Dengan mau melakukan sedikit sentuhan dan perlakuan pada produk pertanian yang dihasilkannya, diyakini produk dari petani lokal tidak kalah bersaing dengan produk pertanian yang sudah tertampung di pasar modern.

"Kami juga mengajak petani atau pedagang dan warga yang mengunjungi pasar tani untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujar Syahmiludin.

Sentra sayur-sayuran  dan hasil produk pertanian lainnya di Kabupaten Barito Utara diantaranya, Wonorejo Kelurahan Lanjas, Desa Sei Rahayu dan Rimba Sari di Kecamatan Teweh Tengah, Desa Transbangdep, Trahean dan Trinsing  Kecamatan Teweh Selatan.