Fairid Naparin sebut ekonomi Palangka Raya tetap tumbuh di tengah pandemi

id ekonomi palangka raya,pertumbuhan ekonomi, palangka raya, fairid naparin,Fairid Naparin sebut ekonomi Palangka Raya tetap tumbuh di tengah pandemi

Fairid Naparin sebut ekonomi Palangka Raya tetap tumbuh di tengah pandemi

Wali kota Palangka Raya Fairid Naparin. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya (ANTARA) - Wali kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan ekonomi di ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah itu mampu tumbuh di tengah ketidakpastian perekonomian masyarakat saat pandemi COVID-19.

"Pertumbuhan ekonomi Kota Palangka Raya pada tahun 2020 mampu tumbuh diangka 7,17 persen atau di atas pertumbuhan Provinsi Kalimantan Tengah yang sebesar 2,95 persen," kata Fairid di Palangka Raya, Kamis.

Menurut Fairid kondisi tersebut menunjukkan bahwa masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah memiliki kemampuan dan ketahanan ekonomi di tengah pandemi.

Diantara sektor yang menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi tersebut seperti masih terjaganya eksistensi berbagai usaha yang dijalankan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah.

Baca juga: Fairid Naparin ajak pemuda aktif dalam pembangunan daerah

Eksistensi tersebut juga didukung dengan perubahan pola usaha yang selain mengandalkan cara tatap muka juga dikembangkan dengan pola pesan antar menggunakan teknologi daring.

Selain itu juga adanya kebijakan Pemerintah "Kota Cantik" yang mengizinkan pelaku usaha tetap menjalankan usahanya meski dengan mewajibkan menjalankan sejumlah ketentuan terkait penerapan protokol kesehatan.

Kemudian berbagai kebijakan dan stimulus yang diberikan pemerintah baik pusat maupun daerah kepada masyarakat terdampak COVID-19 juga menjadi faktor pendukung pertumbuhan ekonomi di kota setempat. Diantara stimulus yang diberikan itu seperti adanya pelatihan keterampilan, pelatihan usaha, bantuan alat dan bantuan modal.

"Semua keberhasilan yang telah kita capai, adalah berkat kerja keras dan kerjasama seluruh aparatur pemerintah Kota Palangka Raya pada semua tingkatan yang didukung oleh seluruh elemen masyarakat," katanya.

Baca juga: Palangka Raya tetap kondusif pasca putusan MK

Dengan demikian jika seluruh elemen masyarakat termasuk para pelaku usaha dapat melaksanakan kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 maka pertumbuhan ekonomi di kota setempat akan semakin meningkat.

"Intinya pemerintah kota akan terus mendorong dan menjaga keseimbangan antara menjaga kesehatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat dalam kaitan pandemi COVID-19," katanya.

Untuk itu kepala daerah termuda di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah ini mengajak seluruh elemen masyarakat tetap menaati secara aturan dan arahan yang dikeluarkan pemerintah termasuk penerapan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya segera terapkan PPKM mikro di zona merah

Baca juga: Palangka Raya masih zona merah terkait risiko kenaikan kasus COVID-19

Baca juga: Ini kata PLN terkait padamnya listrik secara mendadak di Palangka Raya