Sugianto ajak masyarakat bersatu membangun Kalteng

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, edy pratowo, sugianto-edy, pilkada kalteng

Sugianto ajak masyarakat bersatu membangun Kalteng

Sugianto Sabran dan Edy Pratowo dalam penetapan pasangan calon terpilih pemenang Pilkada Kalteng 2020, Palangka Raya, Jumat, (19/2/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Sengketa Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Kalimantan Tengah di Mahkamah Konstitusi telah berakhir dan pada Jumat (19/2) Sugianto Sabran-Edy Pratowo ditetapkan sebagai pasangan calon terpilih pemenang pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Sugianto di Palangka Raya usai penetapan tersebut mengajak seluruh elemen masyarakat, untuk bersatu dan bersama-sama membangun Kalimantan Tengah.

"Saat ini sudah tak ada lagi pasangan nomor satu atau dua, yang ada hanyalah masyarakat Kalimantan Tengah," tegas petahana Gubernur Kalteng tersebut.

Sugianto juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), TNI-Polri, serta masyarakat yang berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Kalteng hingga berjalan aman, tertib dan lancar.

Ia pun mengajak sekaligus mengharapkan dukungan semua pihak, untuk terus membangun Kalteng menjadi lebih baik lagi, baik dalam hal pembangunan infrastruktur, pendidikan, pelayanan kesehatan maupun perekonomian masyarakat.

Pilkada Kalteng 2020 diikuti pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar dan pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo.

Dalam pilkada ini pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar membawa sengketa pilkada hingga akhirnya Mahkamah Konstitusi menolak permohonan pasangan nomor urut satu ini.

Sementara itu pada rekapitulasi surat suara Pilkada Kalteng tingkat provinsi, diketahui pasangan Sugianto Sabran-Edy Pratowo meraih suara lebih banyak dibanding pesaingnya pasangan Ben Brahim S Bahat-Ujang Iskandar.

Hingga akhirnya KPU Kalteng menetapkan pasangan nomor urut 2 Sugianto Sabran-Edy Pratowo sebagai pasangan calon terpilih, pemenang Pilkada Kalteng 2020.

"Maka ditetapkan pasangan calon terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 adalah paslon nomor urut dua atas nama Sugianto Sabran-Edy Pratowo dengan perolehan suara sebanyak 536.128 suara sah," kata Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim.

Pernyataan itu diungkapkan Harmain didampingi para komisioner KPU Kalteng dan disaksikan sejumlah pihak terkait, saat acara rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 di salah satu hotel di Palangka Raya.