Mantan Menbudpar I Gede Ardhika tutup usia

id I Gede Ardhika ,Mantan Menbudpar I Gede Ardhika tutup usia

Mantan Menbudpar I Gede Ardhika tutup usia

Dokumentasi - Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardhika. ANTARA/Komang Suparta/wdy/pri. (ANTARA/Komang Suparta/wdy)

Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) periode 2000-2004 pada Kabinet Gotong Royong I Gede Ardhika meninggal dunia pada Sabtu, 20 Februari 2021.

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani dalam keterangannya, Sabtu, menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulangnya I Gede Ardhika yang lahir di Singaraja, Bali, 15 Februari 1945 itu.

“Selamat jalan Bapak I Gede Ardhika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2000 - 2004, dumogi polih genah sane becik, dumogi amor ing acintya (Semoga mendapatkan tempat terbaik, menyatu dengan Tuhan),” ucap Giri Adnyani.

Ardhika berpulang pada Sabtu, 20 Februari 2021, sekitar pukul 07.46 WIB di Rumah Sakit Boromeus Bandung karena sakit.

Semasa hidupnya Ardhika menorehkan jasa yang besar di sektor kebudayaan dan pariwisata dengan menyusun sejumlah landasan kebijakan di bidang tersebut.

Di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, Ardhika bekerja keras untuk mewujudkan bangkitnya kembali dunia pariwisata di tanah air sehingga bisa semakin berkembang.

Pada waktu bersamaan ia menyusun berbagai kebijakan untuk menjaga terpeliharanya budaya bangsa ini.

Meskipun bukanlah seorang sarjana seni, tetapi ia dinilai telah begitu banyak berbuat bagi kemajuan dunia seni bukan saja bagi Bali namun untuk seluruh bangsa ini.