Gubernur tinjau pengembangan peternakan hingga pariwisata di Sukamara

id Pemkab sukamara, sukamara, gubernur kalteng, sugianto sabran, tinjau infrastruktur, sukamara ranch, peternakan sapi sukamara

Gubernur tinjau pengembangan peternakan hingga pariwisata di Sukamara

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran didampingi Bupati Sukamara Windu Subagio meninjau tanaman mangrove di bibir Pantai Jelai, Desa Kuala Jelai, Kecamatan Jelai, Selasa, (23/2/2021). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukamara, meninjau pembangunan sejumlah infrastruktur yang sedang dalam tahap peningkatan seperti Sukamara Rach yakni peternakan sapi dan budidaya udang vaname di Desa Sei Pasir.

“Dalam kunker kami saat ini, sesuai visi misi kedepan tetap fokus membangun infrastruktur yang ada di Kalimantan Tengah. Selain itu pendidikan, kesehatan dan peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Sugianto Sabran di Sukamara, Selasa.

Melihat perekonomian dari masyarakat dan pengusaha di Sukamara, maka pengembangan peternakan sapi ini sangat menjanjikan. Direncanakan dan diupayakan dapat mengundang Presiden Jokowi, supaya melihat peternakan yang potensial dijadikan sebagai lokasi swasembada daging.

“Pak Mentan juga sudah melakukan kunjungan ke peternakan sapi terbesar di Sukamara milik PT Sukamara Ranch ini, serta sangat mendukung terkait program swasembada daging di wilayah ini kedepannya,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, potensi lain dalam peningkatan perekonomian masyarakat juga banyak dan bisa dilakukan, diantaranya dari posisi pantai untuk pariwisata yang sangat menjanjikan.

Kemudian pihaknya akan membantu peningkatan infrastruktur di wilayah ini, khususnya Sukamara yang masih ada peningkatan jalan Lunci-Jelai dan masih membutuhkan dana besar.

“Dari hasil perhitungan membutuhkan dana sekitar Rp60-Rp70 miliar. Maka akan kami upayakan membantu secara bertahap dengan hibah multiyear atau dua tahun jamak," ungkapnya.

Maka diperkirakan sekitar 2023 mendatang dapat terselesaikan, sehingga jalan Lunci-Jelai akan bersapal semuanya dan moda transportasi masyarakat semakin lancar.

Dalam kunker tersebut, Sugianto beserta jajaran yang didampingi Bupati Sukamara Windu Subagio, juga menuju Desa Kuala Jelai, Kecamatan Jelai sekaligus meninjau pelabuhan yang direncanakan akan dijadikan pelabuhan laut.

Gubernur juga meninjau langsung lokasi penanaman mangrove yang berada di bibir pantai Jelai dan berencana melakukan hal serupa dengan menanam mangrove untuk seluruh bibir pantai guna menghindari abrasi yang terjadi.