Peringati HKG, PKK Barito Utara gelar lomba dan bakti sosial

id pkk barito utara,hkg

Peringati HKG, PKK Barito Utara gelar lomba dan bakti sosial

Peringati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-49 TP PKK Kabupaten Barito Utara melaksanakan kegiatan lomba di halaman rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Minggu (14/3/2021).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barut

Muara Teweh (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Barito Utara menggelar berbagai kegiatan diantaranya bakti sosial dan kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) ke-49 Tahun 2021. 
 
Dalam kegiatan lomba dan pemeriksaan kesehatan oleh Dinas Kesehatan yang dilaksanakan di halaman rumah jabatan  bupati setempat di buka oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Barito Utara Eveready Noor di Muara Teweh, Minggu.

Dia mengatakan, hendaknya peringatan HKG TP PKK ke-49 tahun ini tidak lagi bersifat seremonial pada tahun tahun berikutnya, melainkan berupa kegiatan yang dapat dirasakan langsung oleh keluarga di Indonesia dan kembali ke rohnya yaitu kembali sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga
 
Artinya, kata dia, keluarga sebagai unit terkecil masyarakat mendapat pemberdayaan yang fokus pada potensi kebutuhan yang secara langsung nantinya dapat menggetok tularkan kemampuan pada lingkungan sekitar tempat tinggal, kemudian memberi manfaat bagi banyak pihak. 

"Berartinya gerakan TP-PKK juga berpotensi memberdayakan masyarakatsecara keseluruhan sehingga sangat beralasan gerakan PKK untuk Indonesia maju," katanya.

Untuk itu dirinya mengajak seluruh kader PKK Barito Utara tidak hanya berada pada tatanan wacana, melainkan wajib turun ke lapangan dan melakukan karya nyata dalam mewujudkan  keluarga yang sehat, cerdas dan inovatif sehingga 10 program pokok PKK yang puluhan tahun sudah didengungkan dan saat pandemi ini diharapkan menjadi titik tolak untuk bekerja secara nyata turun ke tengah masyarakat untuk terlibat langsung dalam meringankan beban warga terdampak.

"Melalui tema "Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju" HKG TP PKK, saya mengajak seluruh kader TP-PKK dan kader dasawisma untuk terus melakukan upaya penyelelarasan program dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan penuh kreativitas," kata dia.

Sehingga, tambah Eveready, dua hal pokok yang harus dilakukan adalah terus menggelorakan semangat dan motivasi kita untuk Indonesia maju dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih dan mengembangkan daya inovasi dan kerativitas untuk kelangsungan program PKK yang selaras dengan garis kebijakan program pemerintah.

"Untuk kedepannya semangat yang ditanamkan harus tetap, pemberdayaan untuk kesejahteraan di Barito Utara tetap terjaga, namun penerapan protokol kesehatan tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri kita dan orang lain," kata Eveready Noor.

Ditempat terpisah, Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Utara, Hj Sri Hidayati mengharapkan kedepannya semangat yang telah ada tetap dapat dibina dan dijaga, namun penerapan Protokol Kesehatan COVID-19 harus tetap dijalankan mulai dari dalam keluarga dan masyarakat.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan adalah untuk menjaga keselamatan diri kita sendiri dan orang lain," kata Sri Hidayati.

Sebelumnya pada Kamis (11/3) TP-PKK Barito Utara mengunjungi panti asuhan dan keluarga yang kurang mampu dan menyerahkan bantuan paket sembako.

Sesuai dengan tema yang diambil pada peringatan HKG-PKK tahun 2021 ini yakni "Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju", TP PKK Barito Utara selaku pembina dari PKK Tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan memberikan contoh kepedulian kepada sesama.

Pemenang dari kegiatan lomba yang digelar TP PKK tersebut yakni untuk lomba meronce masing-masing juara I, II dan III yakni Mayora dan Supiati, Peni Atikah dan Ikrimah serta Mia dan Rosmiati.

Lomba memasukkan paku ke dalam botol juara I, II dan III adalah Pandi, Heni Suprihatin dan Rena. Sedangkan lomba yel-yel terkait sosialisasi penerapan prokes COVID-19, juara I, II dan III diraih Mawar Merah, Politeknik Muara Teweh 1 dan Bumi Putra.

Untuk lomba Tik-Tok Anak-anak juara I, II dan III diraih Trio Famili, Imut-Imut dan Adsas, sedangkan Tik Tok dewasa juara I, II dan III diraih oleh PKK Desa Kandui, Racun dan PKK Desa Kandui 1.

Baca juga: Peringati Hari HKG, PKK Barito Utara berbagi sembako