Pemkab Lamandau tentukan prioritas pembangunan 2022

id Pemkab lamandau, nanga bulik, musrenbang, bupati hendra lesmana

Pemkab Lamandau tentukan prioritas pembangunan 2022

Musrenbang Tingkat Kabupaten Lamandau, Nanga Bulik, Kamis, (18/3/2021). (ANTARA/Yansyah)

Nanga Bulik (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah telah menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

"Pembahasan rancangan RKPD dilaksanakan, diantaranya dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Jumat.

Selain itu bertujuan untuk menyepakati program kegiatan, indikator dan target kinerja, hingga penyelarasan program serta kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi.

"Kemudian klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan," ungkapnya.

Maka dari itu, melalui partisipasi aktif dari para pemangku kepentingan yang memberikan masukan, diformulasikan rencana pembangunan Lamandau 2022 mendatang.

Adapun program pembangunan yang akan direncanakan itu, merupakan penjabaran visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Lamandau 2018-2023.

Hendra mengingatkan, tidak semua dari program dan kegiatan yang direncanakan pada 2022 mendatang dapat dibiayai dari APBD Lamandau.

"Hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan fiskal daerah. Maka jangan hanya terpaku pada pendaan yang bersumber dari APBD kabupaten," tuturnya.

Ia pun mendorong para perangkat daerah berusaha secara optimal menggali potensi lain untuk mendanai program dan kegiatan yang belum terakomodir, diantaranya melalui APBN.

"Termasuk mendorong peran dunia usaha yang berinvestasi disini untuk berpartisipasi melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar