Polda Kalteng sebut peran wartawan sangat membantu tugas Polri

id Polda Kalteng sebut peran wartawan sangat membantu tugas Polri, Kalteng, Polda Kalteng

Polda Kalteng sebut peran wartawan sangat membantu tugas Polri

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalteng Kombes Pol Bonny Djianto saat memberikan sambutan dalam kegiatan silaturahmi bersama wartawan yang ada di Kota Palangka Raya, Jumat (19/3/2021). ANTARA/Adi Wibowo

Kalau pesan Bapak Kapolda, jangan ada miskomunikasi di lapangan, sehingga kita tidak sejalan karena itu dapat merugikan kita bersama,

Palangka Raya (ANTARA) - Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kalimantan Tengah Kombes Pol Bonny Djianto mengatakan, peran wartawan sangat penting dalam membantu tugas Polri setiap harinya.

"Selama ini hubungan antara kami dengan wartawan di Kalteng sangat baik, sehingga ketika ada hal-hal yang dapat mengganggu stabilitas daerah bisa diantisipasi dengan cara mengedukasi masyarakat melalui tulisan mereka," kata Bonny saat menghadiri silaturahmi dengan belasan awak media di Palangka Raya, Jumat.

Ia menyampaikan pesan Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo untuk wartawan, bahwa silaturahmi antara Polri dan wartawan harus sering dilakukan.

Awak media yang berada di lapangan sering sekali mendapatkan informasi yang bisa ditindaklanjuti oleh kepolisian, baik itu terkait hal tindak pidana korupsi, potensi kerawanan dan lain sebagainya.

"Kalau pesan Bapak Kapolda, jangan ada miskomunikasi di lapangan, sehingga kita tidak sejalan karena itu dapat merugikan kita bersama," kata Bonny.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu menegaskan, pihaknya selalu terbuka dalam pemberian informasi kepada wartawan. Hanya saja apabila ada suatu kasus yang sifatnya masih dalam penyelidikan, maka para wartawan diminta memaklumi karena takut para pelaku yang lain melarikan diri apabila kasusnya lebih dulu dipublikasikan.

Dia juga meminta jangan sampai para jurnalis mengeluarkan berita sepihak karena bisa mengakibatkan pelaku yang dalam penyelidikan itu melarikan diri setelah mendapatkan informasi dari berita yang disiarkan media massa.

"Pada intinya mari komunikasikan kalau ada hal-hal yang harus ditanyakan. Jangan sampai miskomunikasi terjadi, salah satunya berita masalah karhutla yang menjadi fokus utama kita agar daerah tidak terkena bencana tersebut," bebernya.

Mantan Direktur Reserse Narkoba Polda Kalteng itu yang juga sudah akrab dengan wartawan, juga merencanakan untuk membuat kegiatan yakni lomba mancing ikan. Menurutnya, dengan mempererat silaturahmi dengan cara seperti itu, maka komunikasi dalam menjaga stabilitas keamanan daerah akan terjalin dengan baik.

"Insya Allah nanti saya akan adakan lomba mancing ikan untuk mempererat tali silaturahmi antara awak media dan personel Polda Kalteng," tandasnya.

Baca juga: Penanganan COVID-19 dan karhutla jadi prioritas Polda Kalteng

Baca juga: Kampung Tertib Lalu Lintas diharapkan beri manfaat bagi masyarakat Sukamara

Baca juga: Aplikasi Saber Pungli optimalkan pemberantasan pungutan liar di Kalteng