Kanada awali perjuangan menuju Piala Dunia

id timnas kanada,piala dunia,kualifikasi

Kanada awali perjuangan menuju Piala Dunia

Foto arsip - Bintang tim nasional Kanada Alphonso Davies (kiri) saat berusaha melewati hadangan gelandang Honduras Steeven Saba dalam laga perempat final Piala Emas di Stadion NRG, Texas, Amerika Serikat, pada 29 Juni 2019. (ANTARA/REUTERS/USA TODAY SPORTS/Thomas B. Shea)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kanada bersiap mengawali perjuangan panjang menuju Piala Dunia 2022 ketika putaran pertama fase kualifikasi zona CONCACAF mulai bergulir pekan ini.

Kanada yang berada di Grup B akan mengawali kiprah mereka dengan menghadapi Bermuda pada Kamis (25/3) dan Kepulauan Cayman tiga hari berselang, dalam dua pertandingan yang dimainkan menumpang di Stadion Exploria, Florida, Amerika Serikat.

Bagi Kanada tantangan utama dalam fase kualifikasi kali ini bukanlah lawan mereka yakni Bermuda yang menempati urutan ke-169 dunia maupun Kep. Cayman (193), melainkan mengumpulkan para pemain terutama bintang-bintang yang berkarier di Eropa.

Untuk bisa mendatangkan bintang Bayern Muenchen Alphonso Davies misalnya, pelatih kepala John Herdman mengungkap federasi sepak bola Kanada harus mengurai benang kusut berupa kekhawatiran soal protokol COVID-19 dari pemerintah negara-negara Eropa maupun klub asal Davies.

"Ini merupakan periode yang menarik bagi semua insan olahraga, tetapi kami bisa mendatangkan semua pemain yang kami perlukan untuk jadwal pertandingan besok," kata Herdman dalam jumpa pers daring dilansir Reuters, Rabu.

"Nyatanya federasi sepak bola Kanada terus melakukan kerja sama, untuk memahami aturan karantina termasuk memboyong para pemain ke Amerika," ujarnya menambahkan.

Davies, bintang muda sarat pengalaman diharapkan bakal memantik awal yang baik bagi kiprah Kanada di babak kualifikasi. Ini akan menjadi kali pertama Davies mengenakan seragam Kanada kembali setelah menikmati sukses trigelar bersama Bayern musim lalu.

Davies tentunya tak bisa sendirian membawa Kanada sendirian ke Piala Dunia, dia akan dibantu setidaknya tujuh pemain yang berpeluang melakoni debut di timnas serta gelandang Besiktas Atiba Hutchinson yang sudah mengantungi 84 catatan penampilan.

Kanada baru sekali tampil di putaran final Piala Dunia yakni pada 1986 silam.

"Yang harus disadari adalah setiap pertandingan menentukan. Ini kesempatan bagi skuad ini untuk melakukan sesuatu yang spesial bagi negara ini setelah sekian lama," kata Herdman.

Putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF akan melibatkan 30 negara yang terbagi dalam enam grup.

Enam pemuncak grup akan bertemu dalam putaran kedua untuk merebutkan tiket putaran ketiga di mana mereka akan bergabung dengan lima negara yang sudah menanti berbekal peringkat tertinggi di FIFA.

Kelima negara tersebut adalah Meksiko, Amerika Serikat, Kosta Rika, Jamaika dan Honduras.

Nantinya dari putaran ketiga, tiga tim teratas klasemen akan mendapat tiket ke putaran final Piala Dunia 2022, sedangkan tim peringkat keempat bakal terlibat dalam playoff lintas konfederasi.