Bupati Barito Utara terima kedatangan Nakes NSI II 2021

id bupati barut nadalsyah,nakes nsi,barito utara,kalteng

Bupati Barito Utara  terima kedatangan Nakes NSI II 2021

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Kepala Dinas Kesehatan H Siswandoyo menerima kedatangan rombongan tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individual periode II tahun 2021 di ruang tamu rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Rabu (7/4/2021).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyambut kedatangan rombongan tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individual periode II tahun 2021 di ruang tamu rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Rabu.

Nusantara Sehat Individual periode II   2021 merupakan salah satu program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dalam rangka pemenuhan akses dan mutu pelayanan kesehatan di daerah yang dilakukan dengan menitikberatkan pada upaya promotif (promosi kesehatan) dan preventif (pencegahan) agar tercapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Saat ini Nusantara Sehat memiliki dua sub program, yaitu Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan berbasis tim atau biasa disebut dengan Nusantara Sehat Team Based dan Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Individual.

Saat mendengar salah seorang nakes berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT), Bupati langsung menanyakan kondisi keluarga nakes pasca musibah bencana alam yang melanda NTT.
 
Bupati Barito Utara H Nadalsyah sambut kedatangan rombongan tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individual periode II tahun 2021 di ruang tamu rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Rabu (7/4/2021).ANTARA/HO-Prokopim Barito Utara


"Bagaimana kondisi disana dan keluarga yang ditinggalkan. Saya turut berduka cita atas musibah yang melanda NTT," kata H Nadalsyah.

Dijelaskan oleh Fifiani Anjelina Nat, S.Gz, nakes gizi yang ditempatkan di Desa Benao Kecamatan Lahei Barat bahwa tempatnya tidak terimbas musibah bencana tersebut.

Kabupaten Barito Utara mendapat penempatan  lima orang tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individual periode II  2021, dimana para nakes tersebut ditugaskan di Puskesmas Benao  dua orang, Benangin  dua orang dan Lampeong  satu orang dengan Surat Tugas per 1 April 2021 sampai dengan 31 Maret 2023.

Nakes yang ditugaskan di Kabupaten Barito Utara berasal dari Medan, Ambon, NTT, Tapanuli, dan Sumatera Utara. Dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan jajarannya, kelima nakes melaporkan tugas mereka di Kabupaten Barito Utara kepada Bupati Barito Utara.