Kelengkapan syarat penerbangan bermasalah, calon penumpang Bandara Tjilik Riwut batal berangkat

id Penumpang bandara tjilik riwut batal berangkat, penumpang ke surabaya batal terbang, swab antigen tidak resmi, surat keterangan sehat bermasalah, pala

Kelengkapan syarat penerbangan bermasalah, calon penumpang Bandara Tjilik Riwut batal berangkat

Foto Dokumentasi - Suasana di terminal Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

...surat keterangan sehat yang merupakan salah satu syarat keberangkatan, tampak tidak jelas atau meragukan, sehingga akhirnya ditahan terlebih dahulu untuk dipastikan.
Palangka Raya (ANTARA) - Eksekutif General Manager (EGM) Angkasa Pura II Kantor Cabang Bandara Tjilik Riwut, Siswanto mengatakan, calon penumpang yang jumlahnya mencapai puluhan orang batal berangkat menuju Surabaya pada Jumat (9/4).

"Hal ini berkaitan surat keterangan sehat yang meragukan. Indikasinya dari pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) yang menemukan," katanya saat dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu.

Dijelaskannya, ada rombongan dalam satu travel yang surat keterangan sehat yang merupakan salah satu syarat keberangkatan, tampak tidak jelas atau meragukan, sehingga akhirnya ditahan terlebih dahulu untuk dipastikan.

Selanjutnya untuk berjaga-jaga dan mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, dilakukan koordinasi dengan Polsek Pahandut. Hingga akhirnya informasi yang pihaknya dapat, ternyata klinik yang mengeluarkan surat keterangan sehat para calon penumpang tersebut, sudah habis masa izinnya sejak 2019 sehingga surat yang dikeluarkan tidak valid.

Calon penumpang yang surat keterangan sehatnya bermasalah ini, kemudian diarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kembali di tempat resmi.

Hanya saja karena waktu yang tersisa dengan jadwal keberangkatan pesawat sangat terbatas, sehingga tidak sempat. Meskipun sebenarnya sebagian sempat melakukan pemeriksaan kesehatan di bandara.

"Calon penumpang yang bermasalah surat keterangan kesehatannya ini ada sekitar 36-40 orang dengan tujuan Surabaya. Sedangkan penerbangan yang mereka akan ikuti tetap berangkat sesuai jadwal," ungkapnya.

Terkait kejadian ini, Siswanto mengimbau kepada masyarakat atau calon penumpang di Bandara Tjilik Riwut untuk lebih berhati-hati dan melakukan pemeriksaan kesehatan untuk persyaratan penerbangan di tempat resmi.

Selain itu agar datang ke bandara lebih awal, sehingga untuk menuju waktu keberangkatan tidak terburu-buru. Di Bandara Tjilik Riwut juga tersedia layanan pemeriksaan kesehatan seperti swab antigen yang bisa dimanfaatkan calon penumpang.