Polisi selidiki beberapa penyebab terjadi karhutla di Palangka Raya

id Kepala Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri,Polresta Palangka Raya,Kota Palangka Raya,Palangka Raya,karhutla di P

Polisi selidiki beberapa penyebab terjadi karhutla di Palangka Raya

Tim Inafis Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah melakukan olah TKP di Jalan Dulin Kandang ujung yang lahannya terbakar pada hari Sabtu (24/4/2021). ANTARA/Ho-Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri memastikan bahwa pihaknya sedang melakukan penyelidikan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa lokasi di wilayah setempat.

"Karhutla yang terjadi di Jalan Dulin Kandang, kami sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan kasus tersebut masih diselidiki," kata Jaladri saat dihubungi di Palangka Raya, Minggu malam.

Dikatakan, untuk data awal yang berhasil dikumpulkan serta keterangan dari beberapa orang saksi yang berada di lokasi kejadian, karhutla di Jalan Dulin Kandang diduga dari pembakaran sampah, hingga merembet ke lahan kosong tersebut.

Jaladri mengatakan, terkait apakah itu disengaja atau tidak, penyidik Polresta Palangka Raya masih melakukan penelusuran mengenai hal tersebut, sehingga benar-benar mengetahui penyebab tersebut.

"Semua kejadian karhutla yang terjadi di Palangka Raya kita lidik dan periksa. Sementara itu rata-rata modus operandinya berawal dari pembakaran sampah hingga akhirnya membesar serta tidak terkendali," ungkapnya.

Ditegaskan jebolan Akpol 1995 itu, sampai saat ini pihaknya juga belum menetapkan siapa tersangka dalam perkara karhutla. Penyidik dari Satreskrim Polresta setempat sedang mengumpulkan dua alat bukti, guna menetapkan siapa dalang atau tersangka dalam perkara tersebut.

"Belum ada kami tetapkan siapa tersangka dalam kasus karhutla yang terjadi di beberapa tempat di Palangka Raya, karena masih mengumpulkan bukti," beber Jaladri.

Baca juga: Polda Kalteng ajak masyarakat waspadai bencana karhutla

Sebelumnya Kabag Ops Polresta Palangka Raya Kompol Edia Sutaata pada Sabtu (24/4/2021) siang bersama tim Inafis Polresta setempat melakukan olah TKP.

Selain melakukan olah TKP pihaknya juga memberi garis polisi terhadap lahan kosong yang terbakar. Tujuan dari olah TKP guna mengetahui dimana asal api pertama kali menyala.

"Syukurnya ketika dalam pemadaman lokasinya bisa dijangkau dengan akses jalur darat, sehingga pada saat kejadian api dapat dipadamkan dan tidak menjalar ke lahan lainnya," demikian Edia Sutaata.

Baca juga: Antisipasi dan tanggulangi karhutla, Palangka Raya siapkan tujuh posko

Baca juga: TNI-Polri gencarkan antisipasi karhutla melalui edukasi masyarakat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar