Peserta didik di Palangka Raya diminta tetap giat belajar di rumah

id Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Komisi C DPRD Kota Palangka Raya,DPRD Kota Palangka Raya,Kota Palangka Raya,Kalteng,Anna A

Peserta didik di Palangka Raya diminta tetap giat belajar di rumah

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Anna Agustina Elsye. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Anna Agustina Elsye mengajak sekaligus meminta peserta didik yang ada di wilayah setempat, tetap belajar dengan giat di rumah selama pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Terlebih saat ini dalam suasana pelaksanaan bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, maka anak didik harus dapat memanfaaykannya dengan tetap belajar giat di rumah," kata Anna di Palangka Raya, Selasa.

Dikatakan, selama ini sistem pembelajaran masih dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring) mengingat pandemi COVID-19 belum diketahui kapan berakhirnya dan masih merebak di kota setempat.

Wakil rakyat Kota Palangka Raya itu mengatakan Dinas Pendidikan juga telah menerbitkan surat edaran terkait sistem pembelajaran selama bulan puasa dan libur hari raya Idul Fitri.

"Kami mengimbau agar para siswa tetap melaksanakan aktivitas belajar mengajar, walaupun berada di rumah selama masa pandemi di bulan Ramadhan ini, agar tidak mengalami ketertinggalan mata pelajaran," bebernya.

Di sisi lain, menurut srikandi Partai Gerindra itu, dengan menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dapat dimanfaatkan oleh orang tua murid, agar lebih mendekatkan diri dengan anak-anak mereka.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar anak-anak mereka bisa belajar sesuai dengan anjuran PJJ dan tidak bermain game on-line serta lain sebagainya saat belajar.

"Orang tua harus terus menanamkan rasa saling mengasihi dan menghormati antara sesama anggota keluarga. Bahkan dalam bulan puasa kali ini, orang tua bisa menanamkan ajaran agama bagi anak-anaknya," ungkapnya.

Baca juga: Masyarakat Palangka Raya diajak shalat ghaib untuk KRI Nanggala-402

Selanjutnya, selama di rumah orang tua juga diharapkannya bisa mengedukasi serta membimbing anak-anak mereka agar lebih giat belajar agar tak tertinggal materi, serta mampu membekali diri dengan ilmu meskipun banyak keterbatasan.

Hal tersebut tentunya juga membantu si anak mengurangi rasa bosan, maka dari itu saat melakukan pengawasan terhadap mereka saat belajar daring, harus ada kelonggaran sehingga mereka merasa nyaman dan enjoy dalam belajar.

"Selain membantu anak-anak mengurangi rasa bosan, hal itu bisa bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan anak itu sendiri," ucap Anna.

Mengakhiri perbincangannya dengan sejumlah awak media, ia selalu mengingatkan agar para orang tua dan siswa untuk bisa memanfaatkan libur yang akan datang dengan tidak melakukan perjalanan keluar daerah, maupun liburan pada kawasan yang berpotensi besar terdapat sebaran COVID-19.

"Hal tersebut disarankan agar mereka mereka santai menikmati liburan di rumah saja, sehingga membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran COVID-19," tandasnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya minta kasus kebakaran lahan diusut tuntas

Baca juga: Ketua Komisi B Palangka Raya minta penerbitan legalitas tanah selektif