Pansus DPRD Seruyan minta dermaga KP III segera diperbaiki

id Wakil Ketua Tim Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto,Pansus DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,DPRD Kabupaten Ser

Pansus DPRD Seruyan minta dermaga KP III segera diperbaiki

Mobil angkut barang di Dermaga KP III Kuala Pembuang sedang parkir menunggu kapal-kapal barang, Kamis (29/4/2021). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggungjawaban DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto meminta kepada Pemerintah Kabupaten setempat melalui instansi terkaitnya agar bisa melakukan perbaikan terhadap dermaga KP III Kuala Pembuang.

"Saya harap agar dermaga tersebut bisa diperbaiki karena ini merupakan salah satu hasil rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Pansus LKPJ Bupati Seruyan tahun 2020," kata Bejo di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, pada tahun 2020 sebelumnya sudah dianggarkan untuk dilakukan perbaikan terhadap dermaga tersebut, karena memang kondisi sudah cukup memprihatinkan. Kendati demikian, berdasarkan hasil rapat Tim Pansus bersama dengan pemerintah daerah beberapa waktu lalu, anggaran untuk perbaikan dermaga tersebut dipangkas karena CIVID-19.

"Memang di tahun 2020 itu sudah kita anggarkan untuk perbaikan pelabuhan tapi karena pandemi COVID-19 anggaran tersebut dialihkan untuk penangan hal tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Demi kemajuan Seruyan, Pemkab diminta tindaklanjuti masukan DPRD

Maka dari itu, ke depan pihaknya berharap agar segera dilakukan perbaikan. Hal ini dikarenakan kondisi dari dermaga tersebut sudah ada yang mengalami kerusakan seperti lantainya ada beberapa yang hilang serta juga sebagian besar aktivitas bongkar muat barang dan lain sebagainya masih terjadi di dermaga tersebut.

"Pasokan barang seperti bahan pokok untuk di Kuala Pembuang masih melalui dermaga itu, sehingga memang perlu dilakukan perbaikan  agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi seperti kecelakaan akibat kerusakan dermaga itu saat masyarakat bekerja khususnya bagi para buruh," jelasnya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan bahwa keluhan tersebut didapatkan dari masyarakat setempat yang memang saat ini sudah kurang layak untuk dioperasionalkan, sehingga demi menjamin kemudahan masyarakat khususnya untuk melakukan aktivitas bongkar muat barang dan jasa.

"Jadi, sudah seharusnya itu diperbaiki agar proses tersebut bisa berjalan lancar tanpa adanya kendala akibat kerusakan dermaga," demikian Bejo.

Baca juga: Khusus warga Kalteng, mudik lebaran dari dan ke Seruyan diperbolehkan

Baca juga: Ketua DPRD imbau pengelolaan koperasi di Seruyan transparan