Jelang Lebaran, pengiriman paket melalui Kantor Pos alami peningkatan

id Kantor Pos Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Palangka Raya,Kota Palangka Raya,Kalteng,pengiriman paket melalui Kantor Pos alami peningkatan,pengiriman

Jelang Lebaran, pengiriman paket melalui Kantor Pos alami peningkatan

Petugas Kantor Pos Palangka Raya menyortir paket sebelum dikirimkan. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Menjelang Lebaran 1442 Hijriah, pengiriman paket yang dilakukan masyarakat melalui Kantor Pos Palangka Raya, Kalimantan Tengah, mengalami peningkatan signifikan.

"Peningkatan itu mencapai 40 persen dibanding hari biasa," kata petugas layanan Kantor Pos Palangka Raya Nurhuda, Kamis.

Meski begitu, dirinya menyebut kenaikan tersebut tidak tetap setiap harinya. Hanya, mendekati Lebaran tahun ini, pengiriman paket per hari bisa mencapai ratusan.

Nurhuda mengatakan peningkatan pengiriman paket juga adanya pengaruh larangan mudik yang ditetapkan pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Berdasar pengalaman di tahun sebelumnya, kami juga memperkirakan pengiriman paket akan terus bertambah pada awal Mei nanti," kata wanita berhijab itu.

Dia mengatakan, secara umum pengiriman paket tersebut berupa makanan dan baju yang dikirim untuk anggota keluarga di luar wilayah Palangka Raya. Hal itu juga sebagai pengganti oleh-oleh karena warga tidak mudik.

"Tujuan paket yang dikirimkan melalui kami sendiri juga bervariasi, mulai dari regional Kalimantan, ke Pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi bahkan ada juga ke Papua," katanya.

Dalam proses pengiriman paket PT Kantor Pos menyediakan sejumlah pilihan dengan lama dan biaya yang berbeda sesuai kemampuan dan pilihan pengirim.

Baca juga: Semangat Mantri BRI Palangka Raya bantu UMKM bangkit

Berdasar pantauan, banyak masyarakat menggunakan jasa pengiriman Kantor Pos untuk mengirimkan paket. Di loket penerimaan sejumlah warga terpantau antre dan dibagian meja layanan terpantau tumpukan paket berbagai ukuran.

Seorang warga Palangka Raya Dika mengaku memilih mengirim paket melalui Kantor Pos karena adanya pilihan tarif yang ditawarkan.

Dengan berbagai pertimbangan mulai dari estimasi waktu dan biaya pengiriman serta berat paketnya yang mencapai hampir 10 kilogram akhirnya Dika memilih paket dengan estimasi waktu pengiriman dua pekan.

"Ada yang tiga hari, sepekan dan dua pekan sampai. Semakin cepat semakin mahal biayanya. Namun kali ini saya memilih jangka waktu sepekan," kata pria satu anak itu.

Dia mengatakan sengaja mengirimkan paket ke wilayah Jawa agar keluarganya dapat menikmati sejumlah makanan khas Kalimantan saat Lebaran Mendatang.

Baca juga: Lindungi mahasiswa saat KKN, BPJAMSOSTEK dan UPR jalin kerjasama

Baca juga: Waspadai peredaran uang palsu di Palangka Raya jelang Lebaran