Pemuda Seruyan diajak ikut perangi narkoba

id Pemuda Seruyan diajak ikut perangi narkoba, Kalteng, seruyan

Pemuda Seruyan diajak ikut perangi narkoba

Anggota DPRD Seruyan Denni Rahmadhani. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Denni Rahmadhani mengatakan, untuk mencegah peredaran narkoba di wilayah setempat perlu keterlibatan pemuda karena untuk memerangi narkoba merupakan tanggung jawab bersama.

"Bukan hanya kewajiban pemerintah kabupaten dan kepolisian saja, tapi merupakan tanggung jawab semua pihak. Keikutsertaan pemuda sebagai pelopor utama  untuk memerangi narkoba di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini sangat penting, karena dengan demikian akan mampu menekan peredaran narkoba di wilayah kita,” kata Denni di Kuala Pembuang, Minggu.

Menurut dia, sebagai pemuda yang bijak, pemikiran sehat perlu ditanamkan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari ini. Pemikiran sehat diperlukan agar tidak salah dalam mengambil suatu keputusan. Pemikiran sehat akan membawa jiwa dan raga yang sehat pula.

“Sebagai pemuda yang berpikir sehat ini tentunya tidak akan terjerumus pada penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang,” ungkapnya.

Dia menyampaikan, penyalahgunaan narkotika merupakan salah satu permasalahan global yang selalu menjadi perhatian serius dari berbagai pihak di belahan dunia. Hal ini lantaran ternyata dampak narkoba sangat berpengaruh buruk terhadap kesehatan, ketenteraman dan keamanan. 

Denni mengaku yakin dengan keterlibatan pemuda dalam upaya mencegah dan memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba maka dampaknya akan sangat positif dan signifikan.

Baca juga: Masyarakat di empat kecamatan di Seruyan berharap dibantu bibit sapi

“Saya yakin jika para pemuda di Seruyan ini ikut andil dalam memerangi narkoba ini, maka hal tersebut bisa dihentikan. Yang pasti kita harus bersama-sama untuk mengatasi hal tersebut, karena penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang ini sangat berdampak besar bagi generasi kita,” jelasnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera itu menambahkan, sinergitas masyarakat, khususnya pemuda sangat membantu dalam memerangi narkoba. Pemuda juga bisa berperan dalam memberikan informasi kepada pihak kepolisian mengenai hal yang mencurigakan, sehingga dapat segera ditindaklanjuti di lapangan.

Selain itu, peran keluarga terutama orangtua juga tidak kalah penting dalam upaya pencegahan. Orangtua harus selalu mengawasi pergaulan anaknya, sehingga para generasi penerus tidak akan terjerumus kepada hal yang tidak diinginkan.

“Peran orangtua selalu mengawasi pergaulan anaknya agar dapat lebih ditingkatkan lagi, karena  pengendalian orang tua agar dapat mengarahkan anak-anaknya tidak terjerumus dengan pergaulan bebas yang berujung kepada penggunaan narkoba nantinya,” demikian Denni.

Baca juga: DPRD Seruyan harapkan alsintan digunakan sesuai fungsinya