Masyarakat Palangka Raya didorong biasakan anak konsumsi ikan cegah stunting

id Masyarakat Palangka Raya didorong biasakan anak konsumsi ikan cegah stunting, Palangka raya, stunting, kalteng

Masyarakat Palangka Raya didorong biasakan anak konsumsi ikan cegah stunting

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Anna Agustina Elsye. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Anna Agustina Elsye menyarankan masyarakat di daerah itu untuk membiasakan anak mereka mengkonsumsi ikan untuk membantu pemenuhan gizi agar terhindari dari stunting atau gagal tumbuh pada anak.

"Saran atau ajakan terhadap masyarakat perbanyak konsumsi ikan, lantaran ikan banyak mengandung gizi sehingga dapat mencegah stunting pada anak," kata Anna di Palangka Raya, Minggu.

Srikandi di DPRD Kota Palangka Raya itu tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat di daerah itu, agar para orangtua membiasakan memasak dan mengajak anak gemar mengonsumsi ikan.

Gemar memakan ikan harus ditanamkan sejak dini sehingga anak menjadi terbiasa. Maka dari itu para orangtua sangat berperan dalam mengarahkan mengkonsumsi ikan, sehingga pertumbuhan anak setiap harinya terjaga dengan baik.

"Jangan sampai anak kebanyakan makan-makanan yang mengandung pengawet serta makanan dan minuman siap saji yang protein dan gizinya tidak diketahui," ucapnya.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, dengan gemar makan ikan maka masyarakat, terkhusus anak-anak diharapkan dapat terhindar dari penyakit stunting.

Asupan gizi yang cukup sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak agar menjadi sehat. Harapannya, generasi muda akan memiliki kualitas kesehatan serta daya pikir yang lebih mumpuni terutama bersaing di era industri 4.0.

Baca juga: Polisi pergoki pasangan diduga berbuat mesum dalam mobil

"Semoga ke depan generasi muda kita menjadi generasi yang berkualitas serta mampu melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan daerah yang sudah ditorehkan oleh pemimpin yang terdahulunya," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, tingkat konsumsi ikan sungai di 'Kota Cantik' Palangka Raya juga sudah cukup tinggi.

Namun hal yang perlu menjadi perhatian adalah yaitu agar semakin banyak anak yang mengonsumsi ikan. Saat ini kebanyakan para orangtua yang sering sekali mengonsumsi ikan.

Permintaan ikan setiap harinya juga cukup tinggi lantaran, banyak pesanan baik itu dari rumah makan serta warga setempat yang memang sengaja untuk mengkonsumsi ikan. Gemar mengonsumsi ikan dan makanan bergizi lainnya harus terus didorong agar angka stunting bisa terus ditekan.

Baca juga: Alat uji rapid antigen di Bandara Tjilik Riwut dipastikan baru