Legislator Seruyan berharap SDM perangkat Desa terus ditingkatkan

id DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Rudi Hartono ,Anggota DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,Seruyan,Kalteng,kualitas perangkat desa,pera

Legislator Seruyan berharap SDM perangkat Desa terus ditingkatkan

Anggota DPRD Seruyan Rudi Hartono di Kuala Pembuang, (16/11/2020). ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Rudi Hartono berharap Pemerintah setempat melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dapat lebih optimal meningkatkan kualitas perangkat desa.

"Peningkatan kualitas perangkat daerah itu agar pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal," kata Rudi di Kuala Pembuang, Senin.

Wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu pun sangat mendukung agar SDM perangkat desa ini diperkuat, sehingga pengetahuan dan wawasan menjadi sangat mumpuni. Sebab, dalam mengelola keuangan desa hal tersebut sangat diperlukan.

Rudi mengatakan seluruh desa harus bisa memanfaatkan dan mengelola keuangan desa yang kini mencapai miliaran rupiah tersebut.

"SDM perangkat desa  sangat diperlukan dalam hal ini dan ini tugas instansi terkait untuk membina mereka," ucapnya.

Pemanfaatan yang dimaksud, lanjut dia, selain mendukung pembangunan desa juga mampu untuk mengembangkan potensi desanya masing-masing, sehingga bisa menghasilkan pendapatan bagi desa dan tentunya akan mendukung anggaran pembangunan bagi desa yang berdampak baik bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Pemuda Seruyan diajak ikut perangi narkoba

"Jadi pihak desa itu harus mampu menggali potensi yang dimiliki desa, karena setiap desa itu pastinya mempunyai keunggulan dibidangnya masing-masing, agar bisa menghasilkan  pendapatan desa, kalau saya lihat di Seruyan ini sudah ada desa yang mandiri dan mampu menghasilkan pendapatan bagi desa," kata Rudi.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengharapkan bagi desa yang masih jalan di tempat agar bisa terus belajar sehingga ada program unggulan bagi desa dan fokus untuk meningkatkan hal itu.

"Misal, potensi di desa itu adalah pertanian berarti program unggulan itu selain pembangunan dan lain sebagainya adalah pertanian. Dengan demikian, potensi yang ada itu bisa ditingkatkan dan bisa menyejahterakan masyarakat," demikian Rudi.

Baca juga: Masyarakat di empat kecamatan di Seruyan berharap dibantu bibit sapi

Baca juga: DPRD Seruyan harapkan alsintan digunakan sesuai fungsinya

Baca juga: DPRD harapkan pencegahan stunting di Seruyan ditingkatkan

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar