DPRD harapkan PBS prioritaskan tenaga lokal untuk tekan pengangguran

id Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin ,DPRD Kabupaten Seruyan,Kabupaten Seruyan,Seruyan,Kalteng,PBS di seruyan,PBS

DPRD harapkan PBS prioritaskan tenaga lokal untuk tekan pengangguran

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang, (31/8/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin meminta kepada seluruh perusahaan besar swasta yang beroperasional di wilayah setempat, agar lebih memprioritaskan tenaga lokal sebagai karyawan. 

"Keberadaan PBS ini kan juga sebagai upaya membantu pemerintah daerah membuka lowongan pekerjaan dan menekan angka pengangguran," kata Aswin di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, peran sektor swasta ini sangat besar dalam menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Seruyan, seperti memberikan peluang bagi masyarakat setempat untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Selain itu, kata wakil rakyat kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini, PBS harapannya dapat menjalin hubungan yang baik dan menciptakan kenyamanan investasi untuk membantu masyarakat meningkatkan taraf hidup mereka.

"Pemanfaatan tenaga lokal ini sangat membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka dan dengan begitu juga saya yakin hubungan dengan masyarakat sekitar juga akan baik," ungkap Aswin.

Dikatakan, PBS di Seruyan harus bisa memberikan kontribusi bagi masyarakat setempat salah satunya memberikan kesempatan kerja bagi tenaga lokal, hal tersebut sudah seharusnya dilakukan.

Dia mengatakan jangan sampai PBS yang ada hanya mengambil kekayaan alam di Seruyan saja, tapi tidak peduli dengan masyarakat sekitar, hal seperti inilah  yang bisa membuat hubungan dengan mereka menjadi kurang, dan bisa berdampak menimbulkan konflik.

"Hubungan timbal balik tersebut harus selalu tetap dijaga. Ini yang harus diperhatikan semua pihak, termasuk PBS," kata Aswin.

Baca juga: DPRD ingatkan masyarakat Seruyan waspadai peredaran makanan kedaluwarsa

Politisi Partai Nasdem itu mengharapkan agar instansi terkait dalam hal ini Dinas Tenaga  Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat bisa membantu masyarakat atau tenaga lokal  untuk bisa bekerja di PBS.

"Peran dari instansi terkait juga sangat penting dalam membantu masyarakat lokal agar bisa bekerja di perusahaan sekitar, dengan begitu dapat meningkatkan kesejahteraan mereka," demikian Aswin.

Baca juga: DPRD minta ASN jadi contoh penerapan larangan mudik di Seruyan

Baca juga: DPRD Seruyan minta bantuan sosial ke masyarakat berupa uang

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar