Pemkab Seruyan perlu membantu perkebunan rakyat

id Pemkab Seruyan perlu membantu perkebunan rakyat, Kalteng, Seruyan, DPRD Seruyan

Pemkab Seruyan perlu membantu perkebunan rakyat

Anggota DPRD Seruyan Harry Darmawan di Kuala Pembuang, (18/8/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Harry Darmawan meminta pemerintah kabupaten melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha di bidang perkebunan kelapa sawit, karena potensinya cukup besar untuk meningkatkan kesejahteraan.

“Saya harap agar Pemkab Seruyan ini bisa membantu dalam usaha perkebunan masyarakat, karena kalau pemerintah itu mendukung mereka akan lebih semangat dalam mengembangkan hal tersebut,” kata Harry Darmawan di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, bantuan yang dimaksud itu misalnya memberikan bibit dan pupuk dengan begitu masyarakat di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring, khususnya petani tersebut bisa lebih maksimal dalam melakukan usaha di bidang perkebunan.

Saat ini semakin banyak warga yang memanfaatkan lahan mereka untuk ditanami kelapa sawit atau sering disebut dengan istilah kebun rakyat. Hal ini tidak terlepas dari hasil dari komoditas ekspor ini cukup menguntungkan.

Untuk itulah Pemkab Seruyan dinilai sebaiknya membantu masyarakat dalam mengembangkan perkebunan milik masyarakat tersebut.

Baca juga: DPRD Seruyan ingatkan perusahaan bayar THR tepat waktu

“Sampai saat ini potensi bidang perkebunan kelapa sawit masih cukup besar dan permintaan cukup tinggi, apalagi minyak kelapa sawit kini menjadi kebutuhan penting pasar dunia sehingga permintaan diperkirakan akan terus meningkat,” ungkapnya.

Selain itu juga, pengembangan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat ini juga merupakan salah satu yang banyak diminati oleh masyarakat Seruyan seperti halnya di daerah pilihan II dan III, karena dinilai lebih menjanjikan.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan untuk meningkatkan perkebunan kelapa sawit tersebut tidak hanya dari Pemerintah, akan tetapi keseriusan masyarakat sendiri sangat diperlukan sehingga dengan begitu dapat meningkatkan hasil panen.

“Selain dukungan dari Pemkab Seruyan yang tidak kalah penting adalah peran dari masyarakat atau petani itu sendiri, karena akan sia-sia kalau pemerintah sudah mendukung tapi mereka tidak sungguh-sungguh dalam mengelolanya,” demikian Harry.

Baca juga: Bupati Seruyan perintahkan semua jalan pengganggu transportasi diperbaiki

Baca juga: Bupati Seruyan perintahkan semua jalan pengganggu transportasi diperbaiki

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar