Pasca musrenbang wujudkan kesesuaian program dan kegiatan Pemprov Kalteng

id Pasca musrenbang kalteng, sekda kalteng fahrizal fitri, rkpd, perangkat daerah, bappedalitbang kalteng, kalteng, kalimantan tengah, perencanaan pemban

Pasca musrenbang wujudkan kesesuaian program dan kegiatan Pemprov Kalteng

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan pasca musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun 2021.

"Pelaksanaan pasca musrenbang ini diharapkan akan menciptakan kesesuaian program dan kegiatan pemprov," kata Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri di Palangka Raya, Kamis.

Adanya kesesuaian program dan kegiatan tentu pada akhirnya akan memberikan banyak manfaat, seperti peningkatan kesejahteraan rakyat sebagai penyempurnaan Rencana Kerja Perangkat Daerah.

Fahrizal Fitri menjelaskan, pelaksanaan pasca musrenbang juga sebagai sarana mewujudkan sinergi pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan.

Rancangan akhir Rencana Kerja Perangkat Daerah tahun 2022 akan dikoordinasikan dan dibahas bersama antar perangkat daerah, dengan mitra bidang teknis Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng.

"Adapun yang dibahas ini adalah usulan yang sudah masuk dalam rancangan akhir rencana kerja 2022 pada perangkat daerah yang masing-masing telah disampaikan," ungkap Fahrizal Fitri di sela kegiatan.

Dalam pelaksanaan kegiatan yang digelar secara virtual tersebut, dijelaskan bahwa pasca musrenbang sebagai tindak lanjut musrenbang RKPD Kalteng 2021 yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Terdapat beberapa arahan dan masukan dari pimpinan maupun peserta, hingga proses dan tahap penginputan pada aplikasi dalam rancangan akhir RKPD 2022.

Untuk itu diperlukan tindak lanjut terhadap arahan dan masukan finalisasi rancangan akhir RKPD 2022 sebagai materi fasilitasi rancangan akhir RKPD di Kementerian Dalam Negeri.

Adapun pembahasan maupun koordinasi perangkat daerah dengan mitra bidang teknis Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan terhadap renja perangkat daerah dilaksanakan sejak 6 Mei 2021 hingga 7 Mei 2021.

Pelaksanaan pasca musrenbang tersebut diselenggarakan secara virtual yang diikuti para peserta dari seluruh instansi terkait. Tentunya dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah di masa pandemi COVID-19.