Jadi transportasi alternatif, Longboat harus diperbanyak di Seruyan

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, DPRD Seruyan, Seruyan, Kalteng, longboat di S

Jadi transportasi alternatif, Longboat harus diperbanyak di Seruyan

Masyarakat saat menggunakan transportasi sungai di Desa Jahitan, (31/1/2020).ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Masfuatun menyebutkan bahwa keberadaan transportasi sungai seperti longboat di wilayah setempat, sampai sekarang ini masih menjadi alternatif masyarakat dalam melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah.

"Transportasi sungai ini memang masih banyak diminati oleh masyarakat karena mempunyai dampak yang positif, seperti biaya lebih murah dan waktunya efisien," kata Masfuatun di Kuala Pembuang, Selasa.

Dari segi wilayah di Kabupaten Seruyan, lanjut dia, memang ada beberapa tempat yang tidak bisa dilewati dengan transportasi darat, sehingga mengharuskan menggunakan transportasi sungai. Untuk itu, keberadaan longboat  di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini harus tetap dilestarikan dan diperbanyak.

"Keberadaan longboat benar-benar memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berdomisili di sekitar bantaran Sungai Seruyan dan daerah hulu untuk bepergian melalui jalur sungai," ungkapnya.

Menurut wakil rakyat Kabupaten Seruyan itu, dengan masih antusias nya masyarakat yang notabene masih menggunakan transportasi sungai dalam bepergian, maka keberadaan longboat ini harus bisa dilestarikan. bahkan longboat pun hingga kini masih menjadi angkutan utama bagi masyarakat yang ingin bepergian ke desa-desa atau kecamatan-kecamatan daerah hulu.

Dia mengatakan disamping memberikan kemudahan bagi masyarakat, tentu saja bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat yang menjalaninya, Pemkab Seruyan juga perlu mengambil peran dalam memberikan dukungan terhadap longboat.

"Dukungan itu berupa pemberian fasilitas penunjang seperti alat keselamatan, atau sebagai kontrol seperti memberikan edukasi dan lain sebagainya," kata Masfuatun. 

Baca juga: Legislator Seruyan berikan saran cara atasi kekurangan tenaga medis

Dia mengatakan dengan adanya transportasi sungai ini tentunya perekonomian masyarakat akan semakin meningkat begitu juga dengan kesejahteraan mereka, karena potensi-potensi wilayah dapat di bawa keluar dengan mudah.

"Masyarakat harus bisa memanfaatkan hal tersebut, karena potensi kita di wilayah ini bisa di bawa keluar dengan mudah, seperti halnya hasil perikanan karena daerah pinggiran sungai ini memang banyak hasilnya baik itu perikanan tangkap maupun budidaya," demikian Masfuatun.

Baca juga: Waket DPRD Seruyan sarankan pengobatan gratis untuk lansia

Baca juga: Bupati Seruyan dan istri dinyatakan positif COVID-19