Masyarakat Asam Baru usulkan bantuan mesin perontok padi

id Dprd seruyan, wakil ketua dprd seruyan, m aswin, kuala pembuang, masyarakat asam baru, usulkan mesin perontok padi, kalteng, kalimantan tengah

Masyarakat Asam Baru usulkan bantuan mesin perontok padi

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin. (ANTARA/Ho-Publikasi DPRD Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah M Aswin meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat memberikan bantuan mesin perontok padi untuk masyarakat Desa Asam Baru, Kecamatan Danau Seluluk.

“Berdasarkan dari kunjungan kerja di daerah tersebut, masyarakat khususnya kelompok tani mengusulkan mesin perontok padi,” kata Aswin di Kuala Pembuang, Rabu.

Poktan Mandang Sari Makmur dan Maju Bersama mengusulkan bantuan mesin perontok padi atau mesin panen, guna memudahkan mereka dalam melakukan aktivitas pertanian.

Usulan ini dinilai penting mengingat mesin tersebut bisa dipergunakan oleh para petani untuk mempermudah dan mempercepat proses panen, sehingga mereka tidak kesulitan.

Ditambah lagi, di daerah itu bidang pertanian merupakan salah satu sektor yang banyak dikerjakan oleh masyarakat.

Apalagi saat ini Pemkab Seruyan sedang gencarnya melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan hasil pertanian dan mewujudkan swasembada pangan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut memang sudah menjadi kewajiban bersama, mendukung para petani yang ada di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini,” ungkapnya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, tak hanya bantuan mesin tersebut saja tapi seperti bibit, pupuk serta memberikan pemahaman kepada para petani juga sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil pertanian di Seruyan.

“Pemberian edukasi kepada para petani juga sangat diperlukan, agar para petani bisa meraih hasil maksimal," demikian Aswin.