Penggunaan darurat obat Sotrovimab GSK-Vir untuk COVID di AS

id obat Sotrovimab GSK-Vir ,FDA,COVID,vaksin COVID-19,Penggunaan darurat obat Sotrovimab GSK-Vir untuk COVID di AS,Vir Biotechnology,GlaxoSmithKline

Penggunaan darurat obat Sotrovimab GSK-Vir untuk COVID di AS

Rekan peneliti Sachi Johnson bekerja di Sorrento Therapeutic dimana usaha mengembangkan sebuah antibodi, STI-1499, sedang dilakukan untuk mencegah penyakit virus korona (COVID-19) di San Diego, California, Amerika Serikat, Jumat (22/5/2020). (REUTERS/BING GUAN)

Washington (ANTARA) - Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat mengizinkan penggunaan darurat obat antibodi yang dikembangkan oleh Vir Biotechnology dan GlaxoSmithKline untuk mengobati COVID-19 ringan hingga sedang pada usia 12 tahun ke atas.

Obat antibodi Sotrovimab tidak diperuntukkan bagi pasien COVID-19 rawat inap atau pasien yang membutuhkan terapi oksigen, menurut regulator kesehatan tersebut pada Rabu (26/5).

Sotrovimab masuk ke dalam kelas yang disebut antibodi monoklonal, yang meniru antibodi alami yang dihasilkan tubuh untuk melawan infeksi.

Obat antibodi Sotrovimab akan tersedia bagi pasien COVID-19 dalam beberapa pekan mendatang, kata GSK dan Vir, menambahkan bahwa mereka berencana mengajukan permohonan pemasaran kepada FDA pada paruh kedua 2021.

Pengobatan COVID-19 serupa, yang dikembangkan Regeneron Pharmaceuticals dan Eli Lilly, telah diizinkan untuk penggunaan darurat di AS.

Regulator obat Uni Eropa pekan lalu mendukung penggunaan Sotrovimab untuk pasien COVID-19 yang berisiko mengalami penyakit parah dan tidak membutuhkan oksigen tambahan.

Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari