Wagub Kalteng: Sejumlah langkah percepatan dilakukan untuk penyerapan anggaran

id Kemendagri, Mendagri tito karnavian, pemprov kalteng, wakil gubernur edy pratowo, percepatan realisasi apbd kalteng, kalimantan tengah, kementerian da

Wagub Kalteng: Sejumlah langkah percepatan dilakukan untuk penyerapan anggaran

Wagub Kalteng Edy Pratowo. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, sejumlah langkah percepatan telah pihaknya lakukan untuk penyerapan anggaran.

"Langkah percepatan penyerapan anggaran telah dan akan kami lakukan," kata Edy Pratowo di Palangka Raya, Kamis.

Seperti menyalurkan Dana Bagi Hasil pajak provinsi kepada kabupaten dan kota target pajak tahun 2020 yang disalurkan pada Mei sebesar Rp241 miliar lebih.

Pembayaran kontrak multi years tahap II pada akhir Mei 2021 sebesar Rp560 miliar, serta dilakukannya refocusing dan realokasi anggaran dalam rangka menindaklanjuti PMK tentang pengelolaan transfer ke daerah dan Dana Desa, dalam upaya mendukung penanganan pandemi COVID-19.

Menerbitkan keputusan gubernur tentang standar honorarium atau insentif Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus.

"Mendorong perangkat daerah dalam percepatan pelaksanaan kegiatan maupun lelang untuk dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng optimistis pertumbuhan ekonomi kembali menuju arah positif

Baca juga: Kunjungi Kalteng, Mendagri dorong percepatan realisasi belanja daerah


Selain itu, upaya lainnya yakni percepatan penyelesaian administrasi keuangan, penyelesaian Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran, Surat Perintah Pencairan Dana serta perubahan anggaran kas.

Semua itu ia sampaikan saat dilaksanakannya rapat koordinasi percepatan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalteng bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Adapun sesuai penekanan dari Tito, dua hal yang utama dalam kunjungan kerjanya ke Kalimantan Tengah, yakni membahas tentang realisasi belanja APBD dan penanganan COVID-19.

Untuk itu, selain upaya percepatan realisasi anggaran tersebut, pemda se-Kalteng juga terus berupaya melakukan penanganan COVID-19 secara optimal melalui berbagai program pembangunan, termasuk vaksinasi yang terus berjalan hingga saat ini.

Diketahui percepatan vaksinasi yang saat ini menyasar lansia terus dilakukan pemprov bersama pemkab dan pemkot di Kalteng, diantaranya melalui gerakan vaksinasi massal.

Diharapkan dukungan semua pihak untuk berpartisipasi menyukseskan berbagai upaya pemerintah, sebagai percepatan penanganan pandemi maupun dampaknya.

Baca juga: Sugianto-Edy fokus melanjutkan pembangunan di Kalteng

Baca juga: Sektor kehutanan diharapkan bantu pemulihan ekonomi di Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng dukung pelaksanaan vaksinasi gotong royong