Hari Lanjut Usia Nasional 2021 dilaksanakan secara virtual

id Hari Lanjut Usia Nasional 2021,Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Budi Santoso, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah, Dinsos Kalim

Hari Lanjut Usia Nasional 2021 dilaksanakan secara virtual

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Budi Santoso. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Tengah Budi Santoso menyatakan, Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 yang akan diikuti Kementerian Sosial, Dinas Sosial dan panti sosial se-Indonesia, akan dilaksanakan secara virtual, Sabtu (29/5/2021) siang.

Kegiatan akan dilaksanakan dari pukul 09.00-11.30 WIB acara seremonialnya dan pukul 13.00 WIB sampai selesai webinar cerita lansia, kata Budi di Palangka Raya, Jumat.

"Dilaksanakan secara virtual itu karena sejumlah daerah sedang dilanda pandemi COVID-19, maka harus dilakukan secara virtual," tambahnya.

Dikatakan, peserta dari provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila selain di ikuti Dinsos Kalteng juga diikuti Dinsos 13 kabupaten dan satu kota di daerah setempat.

Selain Dinsos se-Kalteng juga akan di hadiri sejumlah Panti Sosial Tresna Werdha Sinta Rangkang dari Kota Palangka Raya, lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia se-provinsi setempat. Bahkan dari Universitas Palangka Raya dan PT Bumi Mas Permata Abadi juga turut berpartisipasi dalam HLUN yang akan dilaksanakan besok hari.

Baca juga: Kemensos sudah lama hentikan santunan warga meninggal akibat COVID-19

"Berdasarkan data yang telah kami dapatkan, peserta yang berpartisipasi berjumlah 300 Orang.  Dunia usaha, pusat santunan keluarga dan pegiat lanjut usia rencananya juga ikut hadir dalam hal ini," ungkapnya.

Ia menuturkan, HLUN diperingati atas dasar kondisi sejarah yang pada waktu itu Dr. KRT Radjiman Widiodiningrat didaulat oleh peserta Sidang Pertama Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) untuk menjadi pimpinan sidang dimaksud, karena memiliki pemikiran yang cemerlang sekaligus sebagai anggota paling sepuh pada tanggal 29 Mei 1945.

"Tanggal tersebut dicetus kembali dan dicanangkan tanggal 29 Mei 1996 di Semarang sebagai HLUN oleh Presiden RI pada saat itu, sebagai penghormatan atas jasa, pemikiran dan kebijakan Dr. KRT Radjiman Widiodiningrat," tutupnya.

Baca juga: Kesetiakawanan sosial harus ditingkatkan di tengah pandemi COVID-19

Baca juga: Pemkab Gumas telah sampaikan usulan relokasi di sejumlah desa