Tim gabungan gelar simulasi penanggulangan karhutla di Kapuas

id Tim gabungan gelar simulasi penanggulangan karhutla di Kapuas, Kalteng, Kapuas, karhutla

Tim gabungan gelar simulasi penanggulangan karhutla di Kapuas

Tim gabungan Karhutla Kabupaten Kapuas, melakukan simulasi penanggulangan karhutla di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas, Sabtu (29/5/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Tim gabungan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar simulasi sarana dan prasarana penanggulangan karhutla sebagai bentuk kesiapsiagaan antisipasi ancaman bencana tahunan tersebut.

“Simulasi sarana dan prasarana penanggulangan karhutla dilaksanakan dalam rangka persiapan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kapuas,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga, di sela kegiatan.

Panahatan Sinaga yang saat itu hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Kapuas menjelaskan, kondisi saat ini di kabupaten setempat, memasuki transisi musim hujan ke musim kemarau.

“Dari hot spot atau titik panas masih kondusif tetapi kita tetap antisipasi,” katanya.

Oleh karena itu, lanjut Panahatan, pihaknya bekerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan melakukan apel gelar pasukan dengan disertai simulasi. Kegiatan ini untuk melihat kekuatan Pemerintah Kabupaten Kapuas dalam penanganan karhutla di daerah setempat.

“Stake holder (pemangku kepentingan) yang menangani karhutla di Kabupaten Kapuas sudah memperlihatkan peralatan-peralatan yang dimiliki. Tujuannya adalah persamaan persepsi dalam penanggulangan karhutla. Kita prinsip dan utamakan adalah pencegahan jangan sampai terjadi, lalu melakukan penanganannya,” demikian Panahatan Sinaga.

Baca juga: Disdukcapil Gunung Mas belajar mekanisme pelayanan Zona Integritas di Kapuas

Kegiatan tersebut diikuti peserta dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Polres Kapuas, Kodim 1011/Kuala Kapuas, Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan Manggala Agni, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Tirta Borneo Kapuas dan sejumlah relawan lainnya.

Kegiatan simulasi tersebut juga disaksikan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kasrem 102/Pjg Kolonel Czi Wakhyono, Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalteng Iman Wijaya, Tim Satgas Provinsi Kalteng dan sejumlah rombongan lainnya.

Kehadiran pejabat Provinsi Kalteng itu pun disambut oleh Jajaran Polres Kapuas, Dandim 1011/KLK Letkol Inf Ary Bayu Saputro beserta jajaran, Kajari Kabupaten Kapuas  Arif Raharjo beserta jajaran, Kepala Dinas Kesehatan Apendi, Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga.

Kegiatan dimulai dengan penyerahan alat sarana dan prasarana penanggulangan karhutla kepada para petugas. Kemudian, dilaksanakan simulasi penanganan kebakaran di tempat berbeda yaitu di Lapangan Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas yang mana disaksikan secara virtual oleh Wakil Gubernur Kalteng bersama rombongan di Halaman Polres Kapuas.

Baca juga: Perkuat penanganan stunting di Kapuas melalui lomba inovasi