Vaksinasi massal di Kalteng sebagai tindak lanjut instruksi presiden

id Vaksinasi massal kalteng, vaksinasi, covid 19, kalteng, kalimantan tengah, pandemi, sekda kalteng, fahrizal fitri

Vaksinasi massal di Kalteng sebagai tindak lanjut instruksi presiden

Foto Dokumentasi - Seorang lansia mengikuti skrining kesehatan dalam kegiatan vaksinasi massal, Palangka Raya, Sabtu, (22/5/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah daerah se-Kalimantan Tengah terus memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sebagai upaya penanggulangan pandemi yang masih terjadi hingga saat ini.

Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Fahrizal Fitri di Sampit, Minggu, mengatakan, pemerintah provinsi bersama kabupaten dan kota serta instansi terkait lainnya, telah melakukan vaksinasi massal sebagai langkah percepatan.

"Vaksinasi massal merupakan bentuk komitmen dan keseriusan pemda menindaklanjuti instruksi presiden yang disampaikan melalui gubernur, guna menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Vaksinasi massal salah satunya dalam percepatan pencapaian sasaran kaum lanjut usia, telah dilakukan di berbagai daerah di Kalteng, mulai dari Palangka Raya, Pulang Pisau, Kotawaringin Timur dan lainnya.

Pihaknya juga meninjau langsung vaksinasi massal yang dilaksanakan di berbagai daerah tersebut, diantaranya seperti di Puskesmas Baamang Unit II Kecamatan Baamang Hulu, Kotawaringin Timur pada Minggu (30/5).

"Vaksinasi ini sebagai upaya mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity," paparnya.

Tahapan vaksinasi saat ini, salah satu sasarannya merupakan kaum lansia yang termasuk dalam kelompok rentan, sebab kekebalan tubuh mulai menurun seiring bertambahnya usia.

Vaksinasi tahap pertama menyasar para tenaga kesehatan yang capaian targetnya berhasil dipenuhi, kemudian dilanjutkan pada pelayan publik serta lansia, barulah selanjutnya nanti masyarakat umum.

Pemprov terus mendorong jajaran pemerintah kabupaten dan kota bersama instansi terkait lain, hingga masyarakat, mendukung suksesnya pelaksanaan vaksinasi, sebagai upaya percepatan penanganan pandemi yang hingga saat ini masih terus melanda.

Adapun berdasarkan data yang dirilis Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng pada Minggu (30/5), target sasaran vaksinasi lansia 191.817 orang dengan realisasi vaksin kesatu 21.401 orang dan vaksin kedua 8.845 orang.

Kemudian kumulatif positif COVID-19 Kalteng mencapai 22.434 kasus, terdiri dari 1.176 dalam perawatan, 20.659 sembuh, dan 599 meninggal.